Komite Olimpiade Indonesia Sampaikan Pesan Perdamaian untuk Negara Berkonflik
Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari (Foto: Antara)

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyampaikan pesan perdamaian yang ditujukan kepada negara-negara yang saat ini sedang berkonflik. Pesan damai ini disampaikan sebagai bagian dari peringatan Hari Olimpiade atau Olympic Day pada 23 Juni lalu.

Menurut Ketua Umum KOI, Raja Sapta Oktohari, olahraga adalah sarana yang tepat untuk membawa pesan perdamaian di tengah kondisi konflik antarnegara yang hingga saat ini masih terjadi. 

Pesan Damai Komite Olimpiade Indonesia

Dia mengatakan, konflik tidak hanya merugikan para atlet, tetapi juga memunculkan kemungkinan larangan tampil bagi negara-negara berkonflik dalam multievent internasional. Namun, olahraga hadir sebagai salah satu alat komunikasi universal untuk mempersatukan berbagai latar belakang tanpa diskriminasi.

"Melalui perayaan Olympic Day tahun ini, Komite Olimpiade Indonesia menyuarakan dengan sungguh-sungguh pesan perdamaian," jelas Oktohari dalam keterangan tertulis, dikutip VOI dari Antara, Jumat, 24 Juni.

"Meskipun berkompetisi menjadi juara, olahraga selalu dapat menunjukkan sisi persahabatan dan respek di lapangan," tambah dia.

Kepentingan Olahraga untuk Bangsa

Pria yang akrab disapa Okto itu mengajak federasi cabang olahraga nasional yang masih berselisih paham untuk bisa menyelesaikan konflik yang terjadi, terlebih induk organisasi menjadi panutan dan pengayom bagi para atlet dan para stakeholder.

"Kepentingan olahraga bukan pribadi, tetapi kepentingan dan harkat derajat martabat bangsa. Dalam perjalanan friksi bisa saja terjadi, tetapi tujuan dan semangat kita satu, yakni membuat Indonesia Raya berkumandang di seluruh penjuru dunia dan bendera Merah Putih berkibar di puncak tertinggi. Kita harus tunjukkan olahraga Indonesia dapat bersatu demi terciptanya prestasi menuju kancah dunia yang lebih baik," ujar Okto.

Pada perayaan tahun ini, KOI berencana menggelorakan Hari Olimpiade lewat sejumlah program, seperti pameran foto perjuang atlet Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam dan ditutup dengan acara puncak Olympic Day Run pada 11 September 2022.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pesan KOI untuk Negara Berkonflik: Kepentingan Olahraga Bukan Pribadi, tapi Harkat Derajat Martabat Bangsa.

Selain pesan damai Komite Olimpiade Indonesia, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.