Mengenal Diet Nordic untuk Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah
Ilustrasi manfaat diet Nordic yang efektif menurunkan kolesterol dan gula darah (Pexels/Kevin Malik)

Bagikan:

ACEH - Diet perlu disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan Anda. Dengan demikian, kesehatan akan terjaga, bukan malah semakin buruk. Diet juga tidak selalu berurusan dengan penurunan berat badan. Salah satu jenis diet yang bisa Anda coba adalah diet nordic untuk menurunkan kolesterol dan gula darah.

Diet nordic dilakukan dengan mengonsumsi beberapa makanan alami, seperti minyak lobak, ikan, sayuran, biji-bijian, dan buah beri. Dikutip VOI dari Ahealthblog, diet nordik memberikan efek positif pada kesehatan terlepas dari efek penurunan berat badan.

Diet Nordic untuk Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah

Studi terbarunya, jenis diet ini berefek baik terhadap tingkat kolesterol dan gula darah di dalam tubuh, bukan untuk menurunkan berat badan. Dari sampel urin dan darah dari 200 orang yang berusia lebih dari 50 tahun, disimpulkan diet nordic dapat menurunkan kadar kolesterol, penurunan kadar lemak tak jenuh dan jenuh dalam darah, serta regulasi glukosa yang lebih baik.

Partisipan yang mengikuti studi memiliki BMI tinggi dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes. Orang-orang tersebut dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi makanan berdasarkan rekomendasi diet nordic. Kelompok yang lain mengonsumsi makanan normal.

Setelah 6 bulan, secara signifikan kelompok pertama memiliki kadar glukosa darah dan kolesterol yang lebih terkontrol. Peningkatan kesehatan justru diperoleh saat berat badan konstan, bahkan direkomendasikan untuk tidak kehilangan berat badan.

Makanan dalam Diet Nordic

Peneliti menjelaskan alasannya, bahwa komposisi lemak unik ditemukan dalam diet nordic. Mereka memiliki zat larut lemak yang berbeda dalam darah. Tampaknya, zat tersebut berkaitan dengan asam lemak tak jenuh dan menunjukkan bahwa diet ini penting dilakukan untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Lemak diet nordic berasal dari biji bunga matahari, rapeseed, biji rami, dan ikan. Meski belum ditemukan secara pasti mengapa lemak ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, tetapi dengan berat badan tetap konstan, lemak  diet Nordic berperan dalam kesehatan.

Nah, apa saja makanan yang direkomendasikan dari diet nordic? Bahan-bahan seperti sayuran akar, bawang, kubis, kacang-kacangan, kacang polong, serta buah-buaha seperti beri, pir prem, dan apel. Kerang, ikan, serta minyak nabati yang terbuat dari biji rami, bunga matahari, dan lobak juga direkomendasikan. Rekomendasi lainnya adalah produk susu rendah lemak serta konsumsi daging jauh lebih sedikit.