Survei Buktikan 70-an Persen Orang Ungkapkan Kata Cinta Kurang dari Setahun
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Survei baru YouGov menunjukkan bahwa sekitar 70 persen atau tujuh dari sepuluh responden asal Indonesia menunggu waktu kurang dari satu tahun sebelum mengungkapkan kata cinta I love you atau 'aku mencintaimu' kepada calon pasangan yang disukai. Dari 70 persen responden tersebut, proporsi terbanyak (33 persen) mengekspresikan kata cinta dalam waktu yang lebih dini, yaitu satu hingga dua pekan sebelum akhirnya menjalin hubungan.

Dikutip VOI dari ANTARA, survei terkait ungkapan cinta itu dilakukan terhadap responden sebanyak 1.055 orang di Indonesia secara daring. Pertanyaan yang diajukan dalam survei tersebut seputar waktu yang ideal untuk mengambil langkah-langkah penting dalam menjalin hubungan asmara.

Langkah Setelah Mengungkapkan Kata Cinta

Survei tersebut tak hanya menyoroti waktu pengungkapan cinta. Beberapa pertanyaan lain juga diajukan, antara lain pertanyaan terkait tahap setelah mengungkapkan cinta, mulai dari lama waktu menunggu sebelum akhirnya bertemu dengan keluarga pasangan, membeli rumah bersama, bertunangan, dan memutuskan menikah. 

Dalam survei tersebut diketahui bahwa sebagian besar responden memperkenalkan pasangan baru kepada orang tua dan keluarga dekat (78 persen) atau pergi berlibur bersama pasangan (70 persen) sekitar satu tahun atau kurang setelah menjalin hubungan asmara. 

Sebagian besar dalam kelompok tersebut merasa tepat untuk melewati dua tonggak sejarah hubungan ini hanya dalam waktu satu atau dua minggu setelah berkencan, yaitu saling bertemu keluarga dekat sebanyak 22 persen dan berlibur bersama sebanyak 20 persen. Dalam hal berlibur, sebanyak 63 persen laki-laki lebih mungkin mengajak pasangan untuk liburan bersama pada tahun pertama hubungan baru, dibanding perempuan (55 persen). 

Survei Terkait Waktu Pernikahan

Secara umum, responden di Indonesia berpikir bahwa pasangan harus menunggu setidaknya satu tahun sebelum memutuskan untuk membeli rumah bersama. Sebanyak 25 persen orang dalam kelompok tersebut akan menunggu setidaknya empat tahun setelah menjalin hubungan dan 12 persen berpikir untuk mencapai hal ini harus menikah terlebih dahulu. 

Survei juga menanyakan kepada responden kapan waktu terbaik untuk bertunangan atau menikah. Mayoritas mengatakan waktu paling tepat yaitu setelah pasangan bersama selama satu tahun. Sebagian di antara mereka berpikir dapat bertunangan (35 persen) atau menikah (20 persen) sebelum mencapai genap satu tahun hubungan.