Mengenal 5 Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (Tyas Indayanti/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Kolang-kaling merupakan buah yang biasanya diolah bersama bahan lain sebagai campuran minuman, seperti es buah atau kolak. Saat bulan puasa Ramadan, kolang-kaling bisa lebih mudah ditemui. Buah ini tak hanya punya rasa dan tekstur yang unik. Ada banyak manfaat kolang-kaling untuk kesehatan yang bisa diperoleh dengan mengonsumsinya. 

Berikut VOI paparkan beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kolang-kaling untuk kesehatan tubuh. Jadi, mengongsumsinya tak hanya sekadar mencari rasa. 

Berbagai Manfaat Kolang-kaling untuk Kesehatan Tubuh

Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat di dalam kolang-kaling dapat melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Selain itu, kolang-kaling juga memiliki kandungan karbohidrat yang mengenyangkan dan dapat memberikan energi pada tubuh.

Mencegah Dehidrasi

Tidak heran jika kolang-kaling menjadi salah satu campuran hidangan favorit banyak orang untuk berbuka puasa. Kolang-kaling memiliki banyak kandungan air yang mampu mencegah risiko dehidrasi terutama saat Anda sedang menjalankan ibadah puasa.

Mengendalikan Gula Darah

Selain mencegah dehidrasi, kolang-kaling juga mampu membantu mencegah tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena senyawa polisakarida galactomannan yang terkandung di dalam kolang-kaling.

Memelihara Kesehatan Jantung

Kolang kaling juga mampu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, kolang-kaling juga mampu membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh serta mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti serangan jantung dan stroke.

Meredakan Nyeri Sendi

Diketahui dari beberapa penelitian bahwa kolang-kaling memiliki kandungan zat anti radang yang juga dapat meredakan nyeri sendi.