Emmanuel Macron Kembali Jadi Presiden Prancis meski Angka Kekecewaan Tinggi
Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Wikimedia Commons/Влада на Република Северна Македонија)

Bagikan:

ACEH - Emmanuel Macron memperpanjang masa jabatannya sebagai presiden Prancis usai mengalahkan Marine Le Pen dalam pemilihan presiden pada Minggu. Di periode keduanya, Macron berjanji memperbaiki kinerja.

Hasil pemilihan dimunculkan pada layar raksasa yang ada di taman Champ de Mars dekat menara Eiffel, Paris. Di hadapan layar tersebut, pendukung Macron bersorak menyambut kemenangan sang petahana.

Tak hanya para pendukung di dalam negeri, pemimpin di Berlin, Brussel, London, dan sekitarnya juga menyambut baik kemenangan Macron atas Le Pen yang nasionalis dan skeptis. Macron mendapatkan suara 58,5 persen. 

Sebagian Pemilih Emmanuel Macron Adalah Penolak Le Pen

Dalam pidatonya, Macron mengatakan, banyak pihak yang memilih dia hanya untuk menjauhkan Le Pen dari kursi presiden. Terkait hal tersebut, dia mengaku berutan budi.

"Banyak orang di negara ini memilih saya bukan karena mereka mendukung ide-ide saya, tetapi untuk mencegah ide-ide sayap kanan. Saya ingin berterima kasih kepada mereka dan tahu bahwa saya berutang budi kepada mereka di tahun-tahun mendatang," katanya, dikutip VOI dari Reuters, Senin, 25 April.

"Tidak seorang pun di Prancis akan ditinggalkan di pinggir jalan," lanjutnya dalam pesan yang telah disebarkan oleh para menteri senior yang berkeliling di stasiun TV Prancis.

Dua tahun gangguan akibat pandemi dan lonjakan harga energi yang diperburuk oleh perang Ukraina melambungkan masalah ekonomi ke depan kampanye. Meningkatnya biaya hidup telah menjadi beban yang meningkat bagi orang-orang termiskin di Prancis.

"Dia perlu lebih dekat dengan orang-orang dan mendengarkan mereka," ujar pekerja penjualan digital Virginie, 51, pada kampanye Macron, menambahkan dia perlu mengatasi reputasi arogansi dan melunakkan gaya kepemimpinan Macron sendiri yang disebut Jupiter.

Le Pen Akan Berjuang untuk Kursi Parlemen

Le Pen, yang pada satu tahap kampanye telah membuntuti Macron hanya dengan beberapa poin dalam jajak pendapat, dengan cepat mengakui kekalahan. Tapi dia bersumpah untuk terus berjuang dengan pemilihan parlemen pada Juni.

"Saya tidak akan pernah meninggalkan Prancis," ungkapnya kepada para pendukung yang meneriakkan "Marine! Marine!"

Emmanuel Macron bisa mengharapkan sedikit atau tidak ada masa tenggang di negara yang perpecahan politiknya telah terungkap melalui pemilihan, di mana partai-partai radikal mendapat nilai bagus. Banyak yang memperkirakan protes jalanan yang merusak sebagian masa jabatan pertamanya akan meletus lagi saat ia melanjutkan reformasi pro-bisnis.

"Akan ada kesinambungan dalam kebijakan pemerintah karena presiden telah terpilih kembali," jelas Menteri Kesehatan Olivier Veran.

"Tetapi kami juga telah mendengar pesan orang-orang Prancis," sambungnya.

Bagaimana koalisi Macron sekarang akan tergantung pada pemilihan parlemen yang akan datang. Le Pen menginginkan aliansi nasionalis dalam sebuah langkah yang meningkatkan prospek dia bekerja dengan saingan sayap kanan seperti Eric Zemmour dan keponakannya, Marion Marechal.

Jean-Luc Melenchon yang berhaluan keras, yang sejauh ini muncul sebagai kekuatan terkuat di sayap kiri politik Prancis, mengatakan bahwa dia layak menjadi perdana menteri - sesuatu yang akan memaksa Macron menjadi "kohabitasi" yang canggung dan rawan kebuntuan.

"Melenchon sebagai perdana menteri. Itu akan menyenangkan. Macron akan marah, tapi itu intinya," kata Philippe Lagrue, 63, direktur teknis di teater Paris, yang memilih Macron di putaran kedua setelah mendukung Melenchon di putaran pertama. bulat.

Di luar Prancis, kemenangan Macron dipuji sebagai penangguhan hukuman untuk politik arus utama yang diguncang dalam beberapa tahun terakhir oleh keluarnya Inggris dari Uni Eropa, pemilihan Donald Trump 2016 dan kebangkitan generasi baru pemimpin nasionalis.

"Bravo Emmanuel," tulis Presiden Dewan Eropa Charles Michel, di Twitter. "Dalam periode yang bergejolak ini, kita membutuhkan Eropa yang solid dan Prancis yang benar-benar berkomitmen untuk Uni Eropa yang lebih berdaulat dan lebih strategis."

"Pasar keuangan akan bernapas lega secara kolektif setelah kemenangan pemilihan Macron," kata Seema Shah, Kepala Strategi di Principal Global Investors.

Angka Kekecewaan terhadap Macron Tinggi

Meski demikian, kekecewaan terhadap Macron tercermin dalam tingkat abstain yang diperkirakan akan menetap di sekitar 28 persen, tertinggi sejak 1969.

Jajak pendapat awal menunjukkan suara itu terbagi tajam baik berdasarkan usia dan status sosial-ekonomi: Dua pertiga pemilih kelas pekerja mendukung Le Pen, sementara proporsi yang sama dari eksekutif kerah putih dan pensiunan mendukung Macron, sebuah jajak pendapat Elabe menunjukkan.

Diketahui, Macron memenangkan sekitar 59 persen suara oleh anak-anak berusia 18-24 tahun dengan suara yang hampir terbagi rata dalam kategori usia lainnya.

Selama kampanye, Le Pen memperhatikan kenaikan biaya hidup dan gaya Macron yang terkadang kasar sebagai beberapa titik terlemahnya.

Dia menjanjikan pemotongan tajam untuk pajak bahan bakar, pajak penjualan nol persen untuk barang-barang penting dari pasta hingga popok, pembebasan pendapatan untuk pekerja muda dan sikap "Perancis pertama" pada pekerjaan dan kesejahteraan.

"Saya terkejut melihat mayoritas orang Prancis ingin memilih kembali seorang presiden yang memandang rendah mereka selama lima tahun," ujar Adrien Caligiuri, seorang manajer proyek berusia 27 tahun di kampanye Le Pen.

Artikel ini telah tayang dengan judul Menangi Pilpres Prancis, Emmanuel Macron Janjikan Perubahan pada Masa Jabatan Kedua.

Selain kemenangan Emmanuel Macron, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.