Mengenal Beberapa Jenis Keju Sehat
Ilustrasi Keju (Aliona Gumeniuk/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Beberapa orang menghindari keju karena sedang menjalankan program diet atau untuk menjaga kesehatan. Namun, Anda bisa mempertimbangankan beberapa jenis keju sehat agar tetap bisa mengonsumsi keju. 

Berikut ini telah VOI kumpulkan beberapa jenis keju yang tergolong sehat. Meski terbilang lebih sehat, Anda tetap harus mendiskusikannya terlebih dahulu dengan pakar kesehatan atau dokter Anda. 

Beberapa Jenis Keju Sehat

Kandungan garam rendah

Garam (dan karena itu natrium) berperan penting dalam pembuatan keju karena elemen ini mengontrol kelembapan, tekstur, rasa, serta fungsionalitas. Jadi, garam tidak bisa sepenuhnya dihilangkan, tetapi beberapa keju membutuhkan lebih sedikit garam dibanding jenis yang lain.

Pada umumnya, keju yang lebih lembut dan muda biasanya membutuhkan lebih sedikit garam dibandingkan keju yang lebih keras dan berumur. Keju yang kandungan garamnya lebih sedikit antara lain keju Swiss, monterey jack, ricotta, dan parmesan.

Keju rendah lemak

Keju parmesan dan part-skim parmesan cenderung lebih rendah lemak daripada yang lain, juga cottage cheese, ricotta, dan cheddar.

Keju tinggi kalsium dan protein

Untuk meningkatkan konsumsi kalsium dan protein anda melalui produk dairy, cobalah mengkonsumsi keju Swiss, cheddar, gouda, ricotta, mozzarella, atau colby.

Keju yang aman bagi yang intoleransi laktosa

Keju alami seperti cheddar, colby, monterey jack, mozzarella, dan Swiss mengandung sedikit laktosa, karena sebagian besar laktosa dihilangkan saat dadih dipisahkan dari whey dalam proses pembuatan keju.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sedang Diet? Ini Pilihan Keju Sehat untuk Dikonsumsi.

Selain jenis keju sehat, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.