Berbagai Buah dan Sayur Tinggi Vitamin C Melebihi Jeruk
Ilustrasi gambar makanan yang mengandung vitamin C (Unsplash/Apostolos Vamvouras)

Bagikan:

ACEH - Berbagai studi telah membuktikan bahwa jeruk mengandung banyak vitamin C yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, vitamin C juga mampu menjaga kelembapan, kesegaran, dan kelembutan kulit. Tak hanya jeruk, ada banyak buah dan sayur tinggi vitamin C.

Dikutip VOI dari Health, dalam jeruk ukuran sedang terkandung 69,7 mg vitamin C. Sementara, masih banyak bahan makanan lain yang memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada jeruk. 

Ragam Buah dan Sayur Tinggi Vitamin C

1. Kale

Tak ada yang menduga, sayuran hijau ini ternyata mengandung 80,4 mg vitamin C. Kale, bisa diolah sebagai salad atau campuran smoothie segar Anda. Selain vitamin C, dalam satu cangkir kale juga mengandung dua kali kebutuhan asupan vitamin A.

2. Brokoli

Ini mengapa brokoli kerap disarankan untuk dimasukkan dalam menu harian, karena dalam satu cangkir brokoli mengandung 132 mg vitamin C. Brokoli juga dibuktikan dalam penelitian memiliki kandungan mencegah kanker. Dari sejumlah daftar makanan yang mengandung vitamin C, brokoli yang paling tinggi kandungannya.

3. Pepaya

Anda bisa dengan mudah menemukan pepaya, karena di Indonesia buah ini panen sepanjang tahun. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan pepaya bisa membersihkan sinus, mencerahkan kulit, dan memperkuat tulang. Dalam satu cangkir pepaya, mengandung 88,3 mg vitamin C.

4. Kiwi

Dalam satu porsi buah kiwi, atau sekitar 2 buah dalam ukuran sedang mengandung 137,4 mg vitamin C. Disamping itu, buah dengan kulit berbulu halus ini kaya akan potasium dan tembaga.

5. Mangga

Buah yang tumbuh subur di kawasan tropis ini, mengandung 122,3 mg vitamin C dalam satu cangkir. Mangga juga sumber vitamin A yang juga berperan untuk menjaga kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan mata.

6. Nanas

Selain mengandung 78,9 vitamin C, nanas juga mengandung bromelain, enzim pencernaan yang membantu memecah makanan dan mengurangi kembung. Bromelain juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi alami yang membantu lekas pulih dari peradangan.

7. Stroberi

Buah beri, salah satunya stroberi, banyak sekali kandungan bermanfaat untuk tubuh. Dalam satu cangkir stroberi, mengandung 84,7 mg vitamin C dan asam folat. Keduanya baik untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat lainnya, membuat senyum Anda semakin cemerlang karena buah ini membantu gigi lebih putih.

Artikel ini telah tayang dengan judul Daripada Jeruk, 7 Makanan Ini Tinggi Mengandung Vitamin C.

Selain buah dan sayur tinggi vitamin C, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh