Mengenal Kecemasan dalam Seks dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi (Toa Heftiba/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Kecemasan tak hanya terjadi saat Anda bekerja di kantor atau menghadapi keadaan yang membingungkan. Kecemasan dalam seks juga bisa terjadi, misalnya saat Anda dan pasangan bercinta.

Kecemasan seks atau sexual anxiety terjadi, misalnya, saat Anda sudah bersama dengan pasangan untuk sementara waktu dan tiba-tiba Anda gugup saat akan bercinta. Kecemasan seks adalah hal yang cukup normal. Ini bisa dialami oleh pria dan wanita. 

Terkadang, masalah mental ini mungkin muncul bahkan jika Anda pernah berhubungan seks. Lalu, apa yang membuat seseorang memiliki kecemasan seperti ini dan bagaimana seseorang menghadapinya?

Apa Itu Kecemasan dalam Seks?

Kecemasan seks atau kecemasan kinerja seksual memengaruhi orang-orang dari segala usia. Ini terkait kekhawatiran Anda terhadap diri Anda sendiri atau bagian dari Anda yang mungkin tidak menarik bagi pasangan. Itu juga bisa muncul jika Anda merasa tidak bisa menyenangkan atau memuaskan pasangan.

Inilah sebabnya mengapa kekhawatiran ini tidak tergantung pada seberapa banyak pengalaman seks yang Anda miliki. Anda bisa mengalaminya untuk periode waktu yang singkat atau untuk periode waktu yang lebih lama. Anda bahkan bisa mengalaminya saat bersama pasangan baru.

Menurut terapis seks dan pembicara TED Claudia Six, "Pada wanita, kecemasan seks dapat muncul sebagai kesulitan untuk tertarik pada seks, kesulitan terangsang, atau kesulitan dengan orgasme."

Beberapa untuk Mengatasi Kecemasan Seks

  1. Mencintai tubuh Anda sendiri

Anda harus mencintai tubuh Anda. Baik itu perut yang buncit, selulit di daerah paha, atau bagian tubuh lain yang tidak Anda sukai. Bagaimanapun, tubuh Anda adalah soulmate Anda!

  1. Olahraga atau meditasi

Meningkatkan hormon serotonin dapat membantu Anda mengatasi kecemasan seks. Berolahraga dapat membantu Anda menenangkan saraf dan meningkatkan hormon-hormon bahagia itu. Sementara meditasi akan membantu pikiran Anda terdorong ke sisi positif dan membatasi semua pembicaraan negatif di kepala Anda.

  1. Ekspresikan fantasi seksual

Tujuan bercinta bukan hanya untuk mendapatkan orgasme tetapi juga untuk membantu pasangan Anda mendapatkannya. Jadi, setelah Anda memahami apa yang Anda inginkan di tempat tidur, Anda perlu menyampaikannya kepada pasangan Anda.

Bagaimanapun, Anda berdua ingin membuat satu sama lain merasa nikmat. Tidak adil bagi Anda untuk tidak memberi tahu pasangan, bagaimana dia bisa melakukannya untuk Anda.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pengertian Kecemasan dalam Bercinta dan Bagaimana Cara Mengatasinya.

Selain kecemasan dalam seks, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!