Berita Banjir di Aceh: 226 Desa di Aceh Timur Terancam Banjir pada Musim Hujan
Ilustrasi Banjir (Foto: BNPB)

Bagikan:

ACEH – Pada musim hujan ini, sebanyak 226 dari 513 gampong atau desa di 24 kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, Aceh, rawan dilanda banjir. Kemungkinan banjir di Aceh Timur ini diungkapkan oleh Bupati Aceh Timur, Hasballah.

"Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah, ada 226 gampong di Kabupaten Aceh Timur yang rawan banjir saat musim hujan," terang Hasballah di Aceh Timur, dilansir Antara pada Rabu, 10 November.

Bupati mengaku telah menginstruksikan jajaran BPBD dan instansi terkait lainnya untuk bersiaga terhadap kemungkinan banjir. Terlebih lagi, saat ini memasuki musim hujan.

"Kami minta jajaran siaga, terutama daerah yang paling rawan banjir seperti Kecamatan Pante Bidari dan sejumlah titik rawan lainnya," kata Bupati yang akrab disapa Rocky itu.

Antisipasi Banjir di Aceh Timur

Menurut Hasballah, antisipasi bencana seperti banjir perlu dilakukan dari awal sehingga korban jiwa bisa dicegah serta menyelamatkan harta benda masyarakat saat bencana.

"Antisipasi bencana juga perlu agar tidak kalang kabut ketika terjadi bencana. Hal tersebut juga dapat meminimalisir korban dan kerugian harta benda," kata Hasballah.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Timur, Ashadi, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan sejumlah kebutuhan jika terjadi bencana seperti tenda pengungsi, perahu karet, serta persiapan personel gabungan.

“Kami juga ingatkan masyarakat, terutama di daerah aliran sungai, untuk lebih berhati-hati karena luapan sungai dapat terjadi sewaktu-waktu. Jika banjir terjadi, segera informasikan kepada kami,” kata Ashadi.

Artikel ini telah tayang dengan judul 226 Desa di Aceh Timur Rawan Banjir saat Musim Hujan.

Selain banjir di Aceh, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!