Berita Gempa Bumi: 26 Gempa Terjadi di Aceh dan Sumut dalam Sepekan
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

ACEH – Berdasarkan catatan Pusat Gempa Regional (PGR) Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan, Sumatera Utara (Sumut), selama pekan pertama November 2021 telah terjadi 26 gempa bumi.

Peneliti PGR BBMKG Wilayah I Medan, Marzuki Sinambela, menjelaskan, gempa bumi yang terjadi di Sumut dan Aceh pada seminggu terakhir akibat aktivitas sesar Sumatra.

Sementara, sebagian pada sesar lokal Aceh, yaitu Segmen Aceh Central, di zona Outer Rise Sumatera, Zona Megathrust, dan beberapa wilayah Samosir.

"Sebanyak 26 gempa di Aceh dan Sumut dalam sepekan terakhir itu terjadi dengan magnitudo rata-rata di bawah 4.0," terang Marzuki, Minggu, 7 November, dilansir Antara.

Masyarakat Diminta Waspada tetapi Tak Perlu Khawatir Terkait Gempa Bumi

Sementara, Resa Idha selaku analisis dan fungsional PGR 1 mengungkapkan, dari 26 gempa terebut Sebagian besar terjadi di darat, yaitu sebanyak 17 kejadian, sedangkan di laut sembilan kejadian.

Kedalaman gempa yang terjadi diklasifikasikan menjadi gempa dangkal (di bawah 60 km) sebanyak 25 kejadian dan menengah (kedalaman antara 60 km sampai dengan 300 km) sebanyak 1 kejadian.

"Ke-26 gempa tersebut, terjadi tidak signifikan dan tidak dirasakan oleh masyarakat. Kepada masyarakat diimbau tetap waspada dan tidak perlu panik jika terjadi gempa. Peduli pada respons cepat informasi BMKG," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Pekan Pertama November, 26 Gempa Terjadi di Sumut-Aceh, Ini Penyebabnya.

Selain gempa bumi di Aceh dan Sumut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!