BKSDA Aceh Menyebut 25 Gajah Sumatra Mati dalam Sembilan Tahun Terakhir
Tim BKSDA bersama mitra menekropsi gajah sumatera yang ditemukan mati tanpa kepala di di Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur (Antara)

Bagikan:

ACEH – Berdasarkan data Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, sebanyak 25 gajah sumatra (Elephas maximus sumatramus) ditemukan mati di Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, sejak tahun 2012 hingga awal November 2021.

"Berdasarkan catatan kami jumlah gajah sumatra yang mati di Aceh Timur mencapai 25 ekor dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir," kata Pengendali Ekosistem Hutan dan Ahli Madya BKSDA Aceh, Taing Lubis, di Aceh Timur, Kamis, 4 November.

Menurut penuturan Taing Lubis, 25 ekor gajah tersebut ditemukan mati di kawasan hak guna usaha (HGU), di antaranya di perkebunan sawit wilayah Aceh Timur.

Pembunuhan Gajah Sumatra Ada yang Melibatkan Masyarakat

Ia melanjutkan, gajah tersebut rata-rata mati karena dijerat dan dibunuh. Terakhir, ditemukan seekor gajah sumatra jantan mati tanpa kepala.

"Gajah sumatra tersebut dibunuh dengan cara yang sangat sadis, di mana pelaku memenggal kepalanya dengan rapi dengan tujuan mengambil gading," ungkap Taing.

Taing mengungkapkan, pembunuhan gajah dilakukan dengan perencanaan yang matang. Ada pula pelaku pembunuhan yang berulang melakukan Tindakan melawan hukum tersebut serta melibatkan masyarakat dengan iming-iming uang banyak.

Oleh karenanya, Taing Lubi meminta ada hukuman berat bagi pelaku pembunuhan gajah guna memberikan efek jera bagi pelaku yang telah membunuh satwa dilindungi.

"Kami berharap hukuman bagi pelaku pembunuhan benar-benar memberikan efek jera, sehingga kejahatan serupa tidak terulang. Dan ini juga sebagai upaya perlindungan satwa dilindungi," kata Taing Lubis.

Gajah sumatra merupakan satwa liar yang dilindungi. Berdasarkan data organisasi konservasi alam dunia, IUCN, gajah sumatra hanya ditemukan di Pulau Sumatra.

Artikel ini telah tayang dengan judul Dalam 9 Tahun Terakhir 25 Gajah Sumatera Mati di Aceh, Dibunuh dengan Sadis.

Selain gajah sumatra mati, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!