Jangan Asal Tanam! Inilah Cara Merawat Monstera agar Tumbuh Sehat dan Cantik
Ilustrasi monstera (pexels)

Bagikan:

ACEH – Bercocok tanam adalah salah satu kegiatan yang saat ini digandrungi banyak orang dan menjadi hobi baru di masyarakat. Salah satu tanaman yang disukai adalah monstera deliciosa.

Tanaman ini punya daun yang lebar dan berlubang. Tapi, bagi yang ingin merawatnya, diperkukan usaha khusus agar daun monstera tumbuh cantik dan sehat.

Cara Merawat Monstera Agar Tumbuh dengan Baik

1.    Media tanam

Sebelum menanam monstera di pot, pastikan media tanam mengandung nutrisi yang cukup. Tak jauh berbeda dengan media tanam tanaman yang lain, komposisi yang digunakan biasanya berupa campuran tanah dengan pasir beserta kompos dengan perbandingan 1:1.

2.    Tetap gunakan pupuk

Jika tanah sudah dicampur dengan kompos, Anda tetap perlu menggunakan pupuk. Tapi penggunaannya cukup 5 kali saja dalam setahun. Tak perlu menggunakan pupuk khusus, pilih saja yang dijual di pasaran, tetapi tetap ikuti saran penyajian sesuai kemasan.

3.    Letakkan pada area dengan pencahayaan cukup

Monstera tak terlalu suka sinar matahari, tetapi tetap memerlukan pencahayaan yang cukup agar tumbuh subur. Sebaiknya, letakkan monstera di samping jendela atau sudut dalam rumah dengan cahaya yang cukup terang.

4.    Awasi kadar air saat penyiraman

Tips selanjutnya adalah soal penyiraman. Anda tidak perlu terlalu sering menyiram monstera, cukup seminggu sekali, tetapi rutin. Pastikan juga kadar air yang disemprotkan tidak menggenang di bawah pot karena bisa bikin akarnya membusuk.

Sore adalah waktu terbaik untuk menyiram monstera sebab pada waktu inilah monstera menyerap air.

5.    Ganti pot secara berkala

Jika akar sudah mulai memenuhi pot, segera ganti dengan yang baru. Gunakan pot baru dengan lebar mencapai 50 cm dari pot sebelumnya. Sebelum dipindahkan, pastikan Anda menggunakan tanah berkualitas tinggi. Ulangi poin nomor 1.

6.    Bersihkan daun yang mulai tumbuh besar

Luangkan waktu setidaknya dua minggu sekali untuk membersihkan daun. Umumnya, daun monstera yang lebar cenderung dipenuhi debu. Jika daun sudah bersih, tentunya tanamanmu akan terlihat lebih segar dan cantik.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul 6 Cara Merawat Tanaman Monstera agar Tumbuh Sempurna. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait