Info Sehari-hari: Tips Mengatasi Tanaman Layu sebagai Pertolongan Pertama
Ilustrasi bunga layu (unsplash)

Bagikan:

ACEH – Salah satu kegiatan yang saat ini digandrungi masyarakat adalah bercocok tanam. Ada yang memilih menanam tanaman untuk bumbu dapur, ada pula yang memilih tanaman hias dengan harga yang bervariatif.

Harga tanaman hias bisa sampai jutaan rupiah. Jika tanaman tersebut sampai layu, tentu kita akan merasa sedih, apalagi jika sudah memberikan perawatan yang maksimal.

Bisa jadi tanaman tersebut layu malah karena perlaku kita yang terlalu berlebihan, misalnya terlalu sering disiram. Bagi yang hobi bercocok tanam, hal tersebut bukan pengetahuan baru, tetapi tidak bagi yang baru memulai bercocok tanam.

Air yang terlalu banyak bisa membuat akar tanaman tergenang air. Hal ini menyebabkanya mengalami pembusukan.

Tips Pertolongan Pertama Mengatasi Tanaman Layu

Jika sudah terlanjur, ada tips mengatasi tanaman layu yang bisa jadi pertolongan pertama agar tanaman tidak mati. Dilansir dari berbagai sumber, alih-alih mengeluarkan tanaman dari pot, lebih baik bungkuslah dasar pot menggunakan handuk kering dan biarkan semalaman. 

Hal tersebut dilakukan agar air berlebih di dalam pot bisa keluar dan terserap oleh handuk. Handuk perlu dieratkan agar proses penyerapan air lebih mudah dilakukan. 

Tumbuhan layu juga bisa disebabkan oleh faktor suhu, iklim, campuran media tanam, dan posisi tanaman diletakkan. Untuk itu, kita perlu mengetahui jenis kebutuhan tanaman yang kita rawat. Hal terpenting adalah untuk menjaga kelembaban sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Kesalahan Kecil yang Bisa Membuat Tanaman di Rumah Jadi Layu. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!