Kesehatan Mental Berdampak pada Tubuh, Kenali Beberapa Tanda Stres pada Kulit Berikut
Ilustrasi ruam stres pada kulit wajah (Pexels)

Bagikan:

ACEH - Beraktivitas penuh selama seminggu bisa menyebabkan stres. Jika Anda tak merasakan keanehan pada psikologi, Anda bisa melihat tanda-tanda stres dari kulit Anda.

Jika sudah terjadi, Anda perlu memberikan perhatian agar stres segera reda tak semakin parah. Selain berdampak pada kecantikan, ini juga akan memengaruhi produktivitas Anda.

Tanda Stres pada Kulit

1.    Jerawat di sekitar mulut dan dagu

Cristina Vajaitu, dermatologis, menjelaskan bahwa jerawat bisa muncul karena stres dan berkaitan dengan hormon. Ketika kortisol atau hormon stres terlalu banyak, ini bisa memengaruhi sistem tubuh untuk memproduksi minyak lebih banyak.

Minyak dari lapisan kulit bisa terperangkap dalam folikel rambut dan menghasilkan jerawat. Terlebih lagi, orang yang sibuk juga cenderung abai pada kebersihan wajah.

Untuk mengatasinya, Vajaitu merekomendasikan pembersih jerawat yang efektif, yaitu yang mengandung asam glikolat, salisilat, laktat, malat, dan mandelat atau benzoil peroksida.

“Selanjutnya, kulit yang rawan jerawat membutuhkan retonol atau retinoid topkal dan mungkin antibiotik topikal. Pengelupasan kimia dan laser Aerolase juga efektif dalam mengobati jerawat,” terang Vajaitu dilansir She Knows.

2.    Rosacea

Rosacea yang muncul karena stres dapat mengurangi kemampuan kulit dalam melindungi dan melawan peradangan. Benjolan kecil seperti jerawat berwarna merah muncul di wajah.

Dokter kulit dari Union Square Laser Dermatology, Claire Chang, merekomendasikan bahan anti-inflamasi, seperti niacinamide, centella asiatica, dan teh hijau untuk kulit yang rentan pada rosacea.

3.    Eksim dan psoriasis

Ketika kesehatan mental terganggu (stres), bukan hanya perasaan yang jadi sensitif, tetapi juga kulit. Anda mungkin pernah merasakan gatal dan muncul bercak kering kemerahan saat kulit bereaksi buruk terhadap sabun atau deterjen. Ini juga bisa terjadi saat Anda stres.

Ketika eksim dan psoriasis muncul bersamaan dengan banyaknya tuntutan, pelembab bisa sangat membantu.

“Pasien dengan eksim dan psoriasis harus menggunakan krim pelembab tebal untuk menghidrasi kulit,” rekomendasi Dokter Chang.

4.    Wajah kuyu dan mata panda

Setelah begadang beberapa hari secara berturut-turut, sebangun tidur sangat mungkin tubuh masih terasa lelah. Paras wajah tampak kuyu disertai warna lebih gelap pada bagian bawah mata. Kulit kusam dan mata panda bisa diatasi dengan cukup tidur dan tambahkan serum mengandung vitamin C.

Untuk menjaga kulit tetap terlihat glowing, Dokter Chang merekomendasikan untuk merangsang produksi kolagen lebih banyak.

Keadaan kulit di atas bisa juga terjadi karena pola makan yang buruk dan kurang mengenali karakter kulit. Jika tidak menginginkannya, pahami karakter kulit dan jalani pola hidup yang lebih sehat.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Segera Kenali, 4 Indikasi Mengalami Stres yang Terlihat pada Kulit. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!