Tak Hanya Menghangatkan, Inilah 4 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (Pexels)

Bagikan:

ACEH - Sejak zaman dahulu, minyak kayu putih yang merupakan hasil penyulingan daun dan ranting kayu putih terkenal punya banyak khasiat untuk kesehatan.

Bahkan, sempat beredar kabar bahwa minyak ini bisa menyembuhkan COVID-19. Namun, hal tersebut belum terbukti keakuratannya. Meski begitu, masih banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari minyak kayu putih.

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

1.    Meredakan gejala flu

Batuk, pilek, hidung tersumbat, dan sakit kepala bisa diatasi dengan minyak kayu putih. Tips cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih pada leher, dada, punggung, atau mencampurkan beberapa tetes ke air panas kemudian uapnya dihirup sampai pernapasan lebih lega. 

2.    Mengatasi nyeri sendi

Minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk meringankan nyeri sendi, termasuk cedera, nyeri otot, dan sakit punggung. Minyak kayu putih mampu mengurangi rasa sakit dan peradangan di tubuh.

Faktanya, cukup banyak krim dan salep yang memiliki kandungan minyak esensial kayu putih di dalamnya. 

3.    Mengatasi masalah bau mulut

Minyak kayu putih ternyata juga memiliki kandungan antibakteri yang ampuh mengatasi persoalan bau mulut. Biasanya bau mulut disebabkan oleh kuman dan bakteri.

Anda bisa mencari produk pasta gigi atau obat kumur yang mengandung ekstrak kayu putih untuk mengatasi bau mulut, kerusakan gusi, dan plak gigi. 

4.    Menjauhkan serangga

Anda tipe orang yang merasa sering diganggu serangga? Tidak hanya menyebabkan gatal dan bentol, gigitan serangga juga bisa berbahaya untuk kesehatan, misalnya bisa menyebabkan malaria dan demam berdarah.

Untuk menghindari gigitan serangga, Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih ke bagian tubuh yang terbuka, misalnya tangan dan kaki saat bepergian keluar rumah.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul 5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!