Penelitian tentang Kenikmatan Makan dengan Tangan Langsung
Ilustrasi (KoolShooters/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Apakah Anda adalah orang yang suka makan dengan sendok dan garpu? Ataukah orang yang suka makan dengan tangan secara langsung? Ya, sebagian orang merasa ada kenikmatan makan dengan tangan tanpa alat bantu makan. Selain itu, cara ini juga dipercaya berpengaruh terhadap porsi makan seseorang.

Sebuah riset, pimpinan Adriana Madzharov dari Stevens Institute of Technology, meneliti empat pengalaman makan guna menyelidiki bagaimana makan dengan tangan kosong memengaruhi persepsi terhadap makanan dan jumlah makanan yang dikonsumsi. 

Terdapat Kenikmatan saat Makan dengan Tangan Langsung

Hasilnya, makanan lebih mengundang selera dan menyenangkan saat seseorang menyentuhnya dengan tangan langsung daripada saat memakannya dengan alat bantu. 

Penelitian ini juga menjadi jawaban atas pertanyaan kenapa seseorang susah berhenti saat makan kentang goreng dan popcorn. Riset tersebut juga membenarkan anggapan bahwa makan pizza terasa lebih enak jika dilakukan dengan tangan langsung dibandingkan dengan pisau dan garpu. 

Alat Makan untuk Mencegah Konsumsi Berlebih

Kesimpulannya, kalau bermaksud mengendalikan keinginan makan agar tak berlebihan, baiknya Anda makan ayam goreng, french fries, atau pizza menggunakan alat makan. Apalagi jika Anda termasuk orang yang susah menahan keinginan untuk makan terus.

Atau jika Anda ingin anak Anda yang susah sekali dibujuk untuk menghabiskan makanannya, mungkin Anda perlu membiarkannya menyentuh makanan. Tapi ingat, ajarkan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun setidaknya 20 detik, agar tangan bersih dari kuman.

Artikel ini telah tayang dengan judul Makan Pakai Tangan Terasa Lebih Enak, Penelitian Membuktikan.

Selain penelitian soal kenikmatan makan dengan tangan langsung, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.