4 Manfaat Bermain Pasir untuk Anak yang Perlu Dipahami Orang Tua
Ilustrasi (Yan Krukov/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Anak-anak sangat suka bermain. Ini adalah hal yang lumrah. Objek bermain anak juga masih sangat beragam karena keingintahuan mereka masih tinggi. Namun, orang tua umumnya melarang anak saat ingin atau sedang bermain pasir. Kotor adalah alasan yang paling umum digunakan. Perlu diketahui, ada manfaat bermain pasir untuk anak terkait perkembangannya. 

Hal yang perlu dilalukan oleh orang tua mungkin sebatas mengawasi. Ini diperlukan agar anak-anak tidak melakukan hal yang berbahaya, misalnya memasukkan pasir ke dalam mulut. Dikutip VOI dari BabySparks, berikut empat manfaat main pasir untuk perkembangan anak.

Manfaat Bermain Pasir untuk Perkembangan Anak

Mengembangkan keterampilan motorik

Bermain pasir sangat bagus untuk mengembangkan keterampilan motorik, membangun koordinasi tangan hingga mata, dan memperkuat otot. Anak melatih keterampilan motorik halusnya saat dia belajar cara memegang sekop dengan benar dengan kedua tangannya.

Sementara, keterampilan motorik kasar sang anak terlatih saat dia mencoba mengangkat ember berisi pasir. Hampir setiap gerakan penting bagi perkembangan fisiknya diperoleh melalui permainan dengan pasir. 

Membangun kreativitas dan imajinasi

Ada banyak kreatifitas terbentuk saat bermain pasir. Anda dapat mengajak anak membangun istana pasir, parit, gunung, jembatan, atau apapun bentuk sesuai imajinasi dan kreativitas anak. Anda dapat mengubah tekstur pasir dengan menambahkan air.

Anak Anda dapat menciptakan dunia kecilnya sendiri di kotak pasir. Sediakan alat atau mainan, seperti mobil, ember, sekop, atau mainan binatang untuk membiarkan imajinasi si kecil menjadi liar.

Melatih fokus

Si kecil biasanya akan sangat fokus pada mainannya, begitu juga saat bermain pasir. Ketika bermain pasir, si kecil mulai berimajinasi dengan fokus untuk membentuk apa yang dia inginkan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Wajar jika setiap orang tua menginginkan anak untuk menghindari permainan kotor. Namun, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terbiasa bermain di luar ruangan seperti di rumput, pasir, atau tanah memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dibandingkan anak-anak yang terus-menerus berada di dalam ruangan yang steril. Bermain pasir ternyata mampu meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tak Selalu Buruk, Membiarkan Anak Bermain di Pasir Ternyata Punya Sejumlah Manfaat.

Selain manfaat bermain pasir untuk anak, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.