5 Tips Berteman dengan Orang Pendiam atau Introver
Ilustrasi cara akrab dengan orang pendiam (Unsplash/Brookie Cagle)

Bagikan:

ACEH - Menghabiskan waktu dengan teman pendiam, atau biasa dikenal sebagai orang berkarakter introver, adalah hal yang mengasyikkan. Namun, kadang orang nonintrover butuh strategi agar hubungan persahabatan tersebut bertahan lama. Ada beberapa tips berteman dengan orang pendiam yang bisa dilakukan.

Orang introver cenderung lebih pendiam dan pemalu dibandingkan orang nonintrover. Hal ini bisa menjadi kendala untuk memahami, mendekati, dan berteman dengan mereka. Menjalin hubungan pertemanan atau persahabatan dengan orang pendiam kadang butuh banyak waktu dan usaha.

Namun, pada akhirnya hubungan tersebut akan terjalin dengan lebih kaya. Itu karena orang introver menganggap orang-orang terdekatnya punya tempat khusus di dalam hidupnya. Jika Anda ingin atau sedang menjalin hubungan dengan orang pendiam atau introver, berikut beberapa tips dari VOI yang dikumpulkan dari beberapa sumber. 

Tips Berteman dengan Orang Pendiam

Hormati ruang privasinya

Introver sangat menghargai ruang pribadi dan privasi mereka, jadi penting untuk menghormati batasan mereka. Ini berarti Anda perlu memberikan pemberitahuan jika akan berkunjung ke rumah mereka dan tidak membawa tamu kejutan tanpa memberi tahu mereka sebelumnya. Batasan bagi introver berkaitan dengan cara mereka mengelola momen ketika bertemu dengan orang lain. Mungkin, jika menghadapi kejutan mereka akan merasa kewalahan.

Jangan menganggap diam mereka secara pribadi

Introver menghabiskan banyak waktu di dunia pikiran dan perasaan mereka sendiri dan mungkin diam dalam kelompok orang. Hal ini dapat menyebabkan mereka disalahpahami oleh orang lain, yang mungkin tersinggung oleh kebisuan mereka.

Alih-alih bertanya, "Mengapa kamu begitu diam?" atau menganggap mereka kesal, coba asumsikan teman-teman introver Anda pada dasarnya pendiam. Diam adalah normal bagi mereka dan bukan berarti mereka tidak mendengarkan atau terlibat.

Ajak hang out sedikit orang

Introver cenderung tidak merasa kewalahan saat berinteraksi dengan orang 1:1 atau dalam kelompok kecil, dilansir Social Self. Pertimbangkan untuk meminta teman introver Anda untuk nongkrong di tempat yang tenang di mana Anda dapat berbicara, seperti di kafe yang sepi atau di taman setempat.

Pahami sebab orang pendiam menolak undangan

Ketika seorang introver merasa kewalahan dalam situasi sosial, pamit duluan, menolak undangan, atau bahkan mundur dari rencana yang dibuat. Meskipun hal ini mungkin terasa pribadi, ini lebih mungkin merupakan tanda bahwa mereka merasa gugup, kewalahan, atau hanya perlu waktu sendiri untuk memulihkan tenaga. Cobalah untuk tidak menganggapnya pribadi ketika ini terjadi, karena mereka mungkin hanya mengambil beberapa ruang pribadi yang dibutuhkan.

Dorong orang pendiam untuk terbuka kepada Anda

Introver bisa menjadi pendiam dan sering membutuhkan seseorang yang sedikit lebih ekstrovert untuk menarik mereka keluar dengan mengajukan pertanyaan atau memulai percakapan dengan mereka. Karena mereka mungkin tidak akan angkat bicara kecuali diminta, buka dulu percakapan yang dapat menghangatkan persahabatan Anda.

Biasanya topik yang terbaik adalah memulai dengan perbincangan yang lebih dangkal. Bahasan topik yang lebih dalam atau lebih pribadi bisa dilakukan setelah kepercayaan terjalin.

Artikel ini telah tayang dengan judul Berteman dengan Orang Pendiam, Begini Tipsnya Biar Tetap Akrab.

Selain tips berteman dengan orang pendiam, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.