Semakin Usia Bertambah, Ini 6 Alasan Sulit Mendapatkan Teman Baru
Ilustrasi mendapatkan teman baru (Unsplash/Courtney Cook)

Bagikan:

JAKARTA – Sebagai makhluk sosial, setiap orang memiliki relasi di luar keluarganya. Misalnya dengan menjalin hubungan pertemanan dengan rekan kerja maupun di luar pekerjaan. Namun, berdasarkan penelusuran ilmiah semakin bertambahnya usia maka semakin sulit mendapatkan teman.

Apakah hal tersebut wajar terjadi? Satu studi yang dipublikasikan dalam Personal and Invidual Differences melakukan wawancara dengan 30 peserta.

Berdasarkan hasil wawancara tersebut diidentifikasi jawaban peserta dan menemukan bahwa ada 6 kategori alasan mengapa sulit mendapatkan teman di usia yang semakin dewasa.

Introversi

Alasan internal setiap orang mungkin akan berbeda-beda, tetapi dalam kategori pertama kesulitan mendapatkan teman di usia dewasa ini disebabkan rasa malu, berharap orang lain yang duluan membuka obrolan, dan kurang lihai dalam membuka obrolan.

Jika didasarkan atas karakter kepribadian, bisa dibilang orang introver lebih pendiam. Meski bukan berarti kesulitan mendapatkan teman karena kepribadian introver sebab ada banyak varian alasan termasuk yang telah disebutkan di atas.

Takut akan penolakan

Tidak seorang pun menyukaia penolakan. Karena takut akan penolakan pula jadi alasan seseorang sulit untuk membuka diri untuk menjalin hubungan pertemanan.

Berdasarkan kategori dalam temuan penelitian, alasan kedua ini meliputi pemikiran tentang apa yang orang lain pikirkan tentang kita dan membuat kecemasan meningkat.

Alasan pragmatis

Alasan selanjutnya yang membuat seseorang sulit mendapatkan teman adalah adanya jarak atau penghalang. Misalnya tinggal di suatu kawasan yang memiliki budaya berbeda. Alasan lainnya dalam kategori pragmatis ialah sudah memiliki jalinan pertemanan sehingga enggan mencari teman baru.

Suilt mempercayai orang lain

Kurangnya kepercayaan pada orang lain bisa jadi dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu yang buruk. Sebenarnya sulit mendapatkan teman bukan sebuah kekeliruan, tetapi kondisi ini dapat diatasi perlahan terutama bagi Anda yang sulit mempercayai orang lain.

Tidak punya waktu

Memiliki kesibukan tentu memakan banyak waktu termasuk waktu untuk mencari teman baru. Seperti sibuk bekerja dan mencurahkan waktu hanya untuk keluarga sehingga tak punya waktu untuk mempererat jalinan pertemanan.

semakin tua semakin sedikit teman
Ilustrasi tidak punya waktu (Unsplash/Luke Chesser)

Terlalu pemilih

Ada beberapa alasan orang memilih teman, misalnya merasa butuh teman yang cocok, satu frekuensi, memiliki hobi yang sama, dan lain sebagainya. Memilih teman memang diperlukan, terutama memilih teman yang dapat membuat hidup lebih berkualitas dan mendukung setiap pilihan.

Dari 6 alasan berdasarkan temuan studi di atas dilakukan penelitian lanjutan yang diikuti oleh 662 peserta dengan rata-rata usia 33,7 tahun pada wanita dan 34,1 tahun pada pria.

Hasil yang diperoleh menyimpulkan bahwa alasan kesulitan mendapatkan teman baru karena kepercayaan yang rendah sering dialami oleh wanita. Sedangkan alasan pragmatis dan kekurangan waktu cenderung dialami oleh pria. Apakah Anda mengalami hal yang sama?