5 Jenis Tanaman Hortikultura untuk Ditanam di Rumah
Ilustrasi Tanaman Hortikultura (Markus Spiske/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Tahukah Anda maksud tanaman hortikultura? Ini berasal dari bahasa Latin, hortus 'tanaman kebun' dan cultura 'budidaya'. Dengan kata lain, tanaman hortikultura berarti 'budidaya tanaman kebun'. Namun, ada pula tanaman hortikulura yang bisa ditanam di rumah.

Ciri dari tanaman hortikultura adalah produk yang segar, tetapi mudah rusak alias tidak tahan lama. Jadi, tanaman hortikultura lebih sering mengarah pada produk-produk konsumsi, seperti buah di kebun buah-buahan, walaupun ada juga yang termasuk tanaman hias. Kalau Anda punya hobi berkebun, cobalah menanam tanaman hortikultura di rumah untuk mengisi waktu sekaligus menjadi pemenuh kebutuhan sehari-hari. 

Jenis Tanaman Hortikultura untuk Ditanam di Rumah

Bawang

Bawang merah, bawang putih, dan daun bawang merupakan tiga jenis bawang yang bisa ditanam di rumah. Tanaman ini cocok di daerah dengan iklim kering dan sinar matahari yang cukup.

Cara menumbuhkan jenis tanaman ini juga cukup fleksibel dengan lahan kebun yang kecil saja, misalnya kebun di atap. Awali dengan benih jenis bawang yang dikehendaki, lalu persiapkan area tanam baik berupa lahan kecil ataupun di polybag. Lakukan penyiraman, perapian, dan penyiangan yang teratur.

Cabai

Harga tanaman cabai meroket? Jika Anda punya tanaman ini di rumah, Anda tak perlu cemas. Tak harus dengan lahan luas untuk menanam cabai karena media tanam cabai cukup mudah, bisa di polybag atau pot bunga.

Cabai sangat cocok di iklim Indonesia yang terik, tapi jangan sampai lalai dalam menyiraminya supaya tidak kering, kerdil, atau rontok. Awasi juga pH tanah dengan cara menambah kapur untuk kondisi tumbuh yang semakin ideal. 

Tomat

Sebagai jenis tanaman hortikultura yang banyak dicoba di masyarakat Indonesia, tomat merupakan produk yang masuk ke golongan yang biasa ditanam di kebun sayur dan buah-buahan.

Kaya dengan kandungan  nutrisi, tanaman hortikultura ini sering jadi favorit untuk ditambahkan ke dalam masakan, disajikan mentah sebagai pencuci mulut, bahkan digunakan sebagai tanaman obat bahan dasar obat untuk menyembuhkan penyakit.

Ada beberapa varietas tomat yang bisa dijadikan tanaman hortikultura. Yang terpenting adalah kualitas bibit tomat. Jadi, pastikan Anda memilih jenis bibit unggul untuk tanaman hortikultura tomat terbaik!

Sayur sawi

Ini memang bukan tanaman asli Indonesia, tetapi sawi tetap menjadi favorit karena sifatnya cocok dengan iklim, cuaca, dan tanah Indonesia. Sawi juga umumnya tahan terhadap hujan, cuaca panas, dan tidak melihat ketinggian dataran supaya bisa tumbuh subur.

Oleh karena itu, budidaya tanaman hortikultura sawi umumnya mengikuti cara-cara merawat tanaman yang umum saja, seperti mengolah lahan, menyiapkan benih, menanam, memupuk, dan memelihara secara rutin.

Daun pandan

Wangi dan berkhasiat, menanam pandan bisa memberikan berbagai solusi paten untuk rumah tangga. Dimulai dari menjadi bahan masakan saat masak di dapur, mengatasi sakit perut, kurang nafsu makan, menetralisir racun, hingga mengusir bau tak sedap.

Pandan juga mudah dibudidayakan di rumah. Cukup sediakan sepetak tanah atau pot berukuran sedang di lokasi yang teduh dan mudah diairi. Pandan bisa jadi pemanis taman rumah juga. 

Artikel ini telah tayang dengan judul Isi Waktu Senggang dengan Menanam 5 Tanaman Hortikultura di Rumah.

Selain tanaman hortikultura, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.