5 Tips Menghilangkan Embun pada Kaca Mobil dengan Mudah
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

ACEH – Salah satu hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai saat berkendara pada saat hujan adalah terganggunya pandangan karena kaca mobil berembun. Ada cara menghilangkan embun pada kaca mobil yang bisa Anda lakukan agar perjalanan tetap aman.

Bagian dalam kaca mobil sering berembun saat hujan karena perbedaan suhu di dalam kabin atau terjadi masalah pada AC mobil. Untuk menghindari terganggunya pengendara akibat kaca yang berembun, VOI telah mengumpulkan data dari Antara mengenai cara mengatasi persoalan tersebut.

Beberapa Hal untuk Menghilangkan Embun pada Kaca Mobil

  1. Menurunkan temperatur di dalam kabin mobil

Embun muncul pada kaca mobil karena perbedaan suhu antara yang ada di luar dan di dalam kabin mobil. Dengan begitu, Anda bisa menghilangkan embun tersebut dengan menurunkan temperatur.

  1. Memanfaatkan fitur defrost/defogger

Bagi Anda yang memiliki mobil dengan fitur defrost atau defogger, Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung dashboard.

Jika embun terjadi pada kaca bagian belakang mobil, kamu bisa menggunakan fitur defogger.

  1. Resirkulasi udara

Cara lain untuk mengatasi embun pada kaca mobil adalah menggunakan tombol resirkulasi. Ketika fitur ini diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil dan mengembuskan udara dari dalam tanpa mengubah temperatur.

Dengan demikian, tidak akan ada perbedaan temperatur sehingga embun pun tak tercipta. Fitur resirkulasi udara tidak perlu digunakan dalam jangka waktu panjang. Jika embun sudah menghilang, Anda bisa menonaktifkannya.

  1. Menyalakan AC dan Wiper

Embun tidak hanya terbentuk karena temperatur udara di luar dingin, tetapi bisa berlaku sebaliknya. Udara di luar yang panas dan temperatur di dalam mobil yang dingin, juga memungkinkan titik-titik embun untuk terbentuk pada kaca.

Jangan khawatir, anda bisa mengatasinya dengan mengurangi temperatur AC, dengan begitu dapat mengurangi embun yang terbentuk pada kaca. Anda juga bisa menggunakan wiper dalam untuk menyeka embun yang terbentuk pada kaca mobil.

Namun, pastikan wiper dalam pengaturan yang paling pelan, agar tidak mengganggu pengelihatan saat berkendara.

  1. Membuka Jendela

Cara yang paling cepat dan mudah untuk menghilangkan embun pada kaca mobil adalah membuka jendela mobil. Anda bisa membuka jendela mobil sampai embun menghilang, lalu tutup kembali agar udara dingin dari AC mobil dapat kembali terasa.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cara Hilangkan Embun di Kaca Mobil saat Hujan.

Selain cara menghilangkan embun di kaca mobil, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!