Manfaat Art Therapy Mampu Menyehatkan Mental
Ilustrasi Art Therapy (Marko Blazevic/Pexels)

Bagikan:

ACEH – Art therapy atau terapi seni merupakan salah satu metode untuk meningkatkan kualitas dan memulihkan kesehatan mental. Terapi ini biasanya dilakukan oleh para penderita gangguan kesehatan mental dengan cara menuangkan emosi dalam bentuk karya seni.

Melakukan aktivitas yang berhubungan dengan seni bisa memberikan pengalaman menyenangkan. Penasaran dengan manfaat art therapy bagi kesehatan mental? Berikut adalah ulasannya.

Beberapa Manfaat Art Therapy untuk Kesehatan Mental

  1. Mengekspresikan diri dan perasaan

Seni bisa menjadi cara menyampaikan pikiran dan emosi dengan lebih sederhana. Hal ini juga bisa memberi kesempatan agar kita mengenal diri lebih jauh, misalnya mengenal kekuatan dan kelebihan kita.

Art therapy bisa membuat perasaan yang kalut dan rumit menjadi lebih sederhana. Dengan begitu, Anda lebih mudah dalam berbagi emosi dari waktu ke waktu.

  1. Melepaskan stres

Art therapy bisa digunakan untuk menghilangkan stres dan menenangkan pikiran, bahkan tubuh. Penelitian membuktikan bahwa kadar dopamin cenderung meningkat saat seseorang menggambar, melukis, dan berkreasi dalam bentuk lainnya.

Tubuh orang yang sedang stres dan depresi menghasilkan dopamin dalam jumlah rendah. Art therapy terbukti membantu meningkatkan kadar dopamin dan membantu pasien merasa lebih bahagia.

  1. Menstimulasi fungsi mental

Bagi Anda yang merasa sulit berkonsentrasi, lakukanlah aktivitas yang berhubungan dengan seni. Penelitian menunjukan, art therapy memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi, baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Membuat karya seni dapat membantu seseorang tenggelam dalam keadaan relaksasi yang terstimulasi sehingga memungkinkan otak untuk fokus pada sesuatu tanpa terlalu banyak berpikir.

Artikel ini telah tayang dengan judul Baik Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental, Begini Manfaat Terapkan Art Therapy dalam Kehidupan.

Selain terapi seni, ikuti berita info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!