Menteri Kesehatan: Target Vaksinasi COVID-19 Bulan Juli Adalah 1 Juta per Hari
Budi Gunadi Sadikin, Menkes (Antara)

Bagikan:

ACEH - Pemerintah akan segera meningkatkan kapasitas vaksinasi COVID-19. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin.

Pada Juni, Budi berharap Indonesia bisa menyuntikkan vaksin sebanyak 1 juta dosis per hari. Itu merupakan target Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak beberapa bulan lalu.

"Sesudah Lebaran, segera kita genjot lagi vaksinasinya untuk bisa naik. Kalau bisa, kita coba menyentuh 1 juta per hari di bulan Juni," terang Budi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 10 Mei.

Indonesia Telah Mendapatkan Tambahan Vaksin COVID-19

Saat ini, sudah ada 13.340.957 orang yang menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama dan 8.634.546 penyuntikan vaksin dosis kedua.

Budi mengaku dalam beberapa waktu terakhir, stok vaksin COVID-19 memang telah menipis. Namun, baru-baru ini pemerintah kembali mendapat tambahan vaksin. Sehingga, Indonesia saat ini bisa mengamankan sekitar 75 juta vaksin.

"Stok kita akan naik lagi di bulan Mei ini. Sehingga, pesan saya ke seluruh aparat di daerah kita mulai genjot lagi. Karena, kapasitas vaksinnya kita sekarang sudah cukup," ujar dia.

Lebih lanjut, Budi mengapresiasi tiga provinsi yang mampu melakukan vaksinasi kepada kaum lansia dengan dengan progres yang cepat. Provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Bali, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kami akan memberikan vaksin tambahan supaya mereka bisa cepat menyelesaikan karena lansia itu  adalah yang critical. Saya terima kasih ke Provinsi Bali, DKI Jakarta, dan Jogja yang relatif sudah tinggi suntikan lansianya," jelas Budi.

Sehingga tiga provinsi yang dimaksud ini secara bertahap sudah mulai dibuka untuk suntikan golongan masyarakat umum, mulai dari RW kumuh dan daerah zona merah atau risiko COVID-19 tinggi.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi untuk provinsi-provinsi lain, suntik lansianya segera cepat selesai. Karena semakin cepat selesai, kita makin lebih cepat untuk membuka vaksinasi ini kepada masyarakat umum," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Menkes Budi Targetkan Bulan Juni Mampu Suntik Vaksin 1 Juta Dosis Per Hari. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!