Mengenal Perbedaan Smoothie Hijau dan Jus Hijau, Serta Dampaknya Terhadap Kesehatan
Ilustrasi (Suzan Hazelwood/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Sudah tahukah Anda mengenai perbedaan smoothie hijau dan jus hijau? Keduanya merupakan kuliner yang sama-sama memberikan dampak kesehatan bagi tubuh. Sekilas, bentuknya pun mirip.

Namun, terdapat perbedaan dari keduanya. Tak sedikit orang yang belum bisa atau belum tahu perbedaan kedua minuman sehat ini, padahal ada hal penting yang juga berhubungan dengan kesehatan terkait perbedaan keduanya.

Perbedaan Smoothie Hijau dan Jus Hijau

Menurut penjelasan Farzanah Nasser, pakar nutrisi, smoothie merupakan buah atau sayur yang dicampur bersama cairan. Minuman yang mengandung banyak serat ini mendukung keseimbangan gula darah serta bisa menjadi pengganti makanan. Itu karena serat memiliki kemampuan untuk memperlambat gula masuk ke aliran darah serta membuat orang merasa kenyang lebih lama. 

"Smoothie juga membantu Anda memenuhi kebutuhan serat harian dan memberi asupan mikroba dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk imunitas dan kesehatan," terang Nasser, dikutip VOI dari Antara.

Mengenal Jus

Sementara, jus adalah mengekstraksi serat dan meminum jusnya saja. Nasser mengatakan, jus yang dibuat hanya dari buah bisa menyebabkan masalah gula darah. Oleh sebab itu, dia menyarankan untuk menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam jus agar gula darah tidak melonjak. Jus bukanlah pengganti makanan layaknya smoothie

"Ketika saya sakit dan butuh sesuatu yang menyegarkan, saya memilih jus. Saya juga minum jus ketika butuh nutrisi tertentu, saya minum 30 menit sebelum makan. Itu caranya agar jus bisa diserap sebelum saya makan," jelas Nasser. 

Bila ingin mengenyangkan perut, smoothies bisa jadi pengganti makan atau camilan berat, juga sarana mengonsumsi lebih banyak sayuran. 

"Keduanya bagus dan bisa dinikmati sebagai bagian dari pola makan seimbang," tandasnya.