Berita Aceh Terkini: Varietas Jengkol dari Aceh Jaya Dipatenkan, Bernama Jengkol Lembah Kuali
Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh Jaya, Fadlon Mirza (Foto via Antara)

Bagikan:

ACEH - Pemkab Aceh Jaya punya jenis jengkol khas daerah tersebut, namanya adalah jengkol lembah kuali. Nama tersebut telah dipantenkan oleh Dinas Pertanian setempat.

Varietas tanaman jengkol lembah kuali telah terdaftar di Kementerian Pertanian Pusat perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian dengan nomor:1757/PVL/2021.

"Saat ini Aceh Jaya sudah ada varietas jengkol lembah kuali dan pada akhir tahun 2022 mendatang kita akan ada bibit jengkol sendiri dengan brand Aceh Jaya dan bisa bersaing dengan Kabupaten lain," terang Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh Jaya, Fadlon Mirza, di Calang, Kamis 10 Maret, dikutip VOI dari Antara.

Varietas Jengkol dari Aceh 

Saat ini Provinsi Aceh memiiki dua jengkol yang varietasnya telah dipatenkan, yaitu jengkol abdya dan jongkol lembah kuali. 

Menurut Fadlon, pematenan varietas tersebut dilakukan karena pangsa pasar di bidang Hortikultura termasuk jengkol terus meningkat sehingga pihaknya juga mengklaim Aceh Jaya punya produk sendiri yaitu jengkol Lembah kuali.

“Jika tidak klaim varietas ini, ke depan produk kita bisa saja akan diambil oleh pihak lain sehingga tidak ada lagi varietas dengan kita punya produk sendiri ke depan orang lain juga bisa mengambil varietas atau bibit dari kita Aceh Jaya dan tujuannya peningkatan PAD Aceh Jaya,” katanya

Ia juga menyampaikan pemberian varietas tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan namun ada proses yang harus dilewati baik itu observasi maupun monitoring di lapangan dan juga ada pohon induk tunggal (PIT) yang nantinya akan dilakukan pengecekan oleh tim dari Balai Pengawasan Benih Tanaman Pangan untuk dilihat cocok tidak dilepas untuk varietas Aceh Jaya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Karena Varietas Jengkol Juga Perlu Dipatenkan.

Selain varietas jengkol dari Aceh Jaya, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.