Berita Aceh Terkini: Kebutuhan Tabung Oksigen RSUD Kabupaten Simeulue Mencapai 300-an per Bulan
Dokumentasi - Petugas pengisian ulang membongkar muatan tabung oksigen untuk kebutuhan medis (ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Selama pandemi COVID-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, menghabiskan ratusan tabung oksigen setiap bulan. Menurut Direktur RSUD Simeulue, Farhan, kebutuhan oksigen setiap bulan sekitar 300 hingga 340 tabung.

"Penggunaan oksigen tersebut tidak hanya untuk pasien COVID-19, tetapi juga untuk pasien yang diagnosa penyakit lain yang memerlukan oksigen," tearng Farhan di Simeulue, Selasa, 8 Maret, dikutip VOI dari Antara.

Ketersediaan Tabung Oksigen di RSUD Kabupaten Simeulue

Terkait ketersediaan oksigen di satu-satunya rumah sakit di kabupaten kepulauan tersebut, Farhan mengatakan mencukupi, terutama untuk kebutuhan penanganan pasien COVID-19.

"Persediaan oksigen di rumah sakit ini relatif mencukupi. Apalagi RSUD Simeulue memiliki mesin pengisi oksigen yang selalu siap beroperasi," kata Farhan.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar Provinsi Aceh. Pulau Simeulue ada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa.