Beberapa Makanan yang Berbahaya jika Dikonsumsi saat Perut Kosong
Makanan yang Tidak Dikonsumsi saat perut kosong (Ella Olson/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Orang yang sedang lapar kadang tak terlalu memperhatikan makanan apa yang akan disantap untuk mengisi perutnya. Sementara, perut tidak sebaiknya diisi sembarang makanan jika keadaan perut sedang kosong. Ada beberapa makanan yang berbahaya jika dikonsumsi saat perut sedang kosong, misalnya menyebabkan mual, muntah, dan diare.

Hal tersebut terjadi karena saluran gastrointestinal (GI) menjadi lebih sensitif terhadap makanan tertentu ketika perut dalam keadaan kosong. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, berikut VOI jelaskan beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari saat perut kosong.

Beberapa Jenis Makanan yang Berbahaya Jika Dikonsumsi saat Perut Kosong

Sayuran mentah

Sayuran adalah jenis makanan yang baik untuk kesehatan. Namun menyantap sayuran mentah, misalnya salad sayur, saat perut kosong bisa membuat perut merasa cepat kenyang dan menyebabkan penurunan gula darah. Sayuran yang tidak berserat juga bisa membuat tubuh sulit mencerna sehingga menyebabkan kembung.

Alpukat

Memakan buah alpukat saat perut kosong bisa memicu naiknya asam lambung pada beberapa orang. Gejala yang muncul antara lain mual dan muntah. Ini disebabkan karena tubuh lambat menghancurkan lemak dalam alpukat sehingga lambung perlu mengeluarkan ekstra asam untuk memecah lemak.

Daging merah

Makan daging merah saat perut kosong akan menyebabkan tubuh Anda bekerja ekstra (memecah protein), sehingga perut terasa tak nyaman, serta perasaan kenyang yang berlebihan.

Buah dalam porsi besar

Makan buah dalam porsi banyak bisa mengakibatkan naiknya glukosa darah. Anda bisa merasa kenyang sesaat, namun dalam 30-60 menit rasa lapar berlebih bisa saja menyerang kembali.

Artikel ini telah tayang dengan judul 4 Jenis Makanan yang Berbahaya Dikonsumsi saat Perut Kosong.

Selain makanan yang berbahaya, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.