Pernyataan "The Winter is Coming" Jokowi dan Pandemi COVID-19
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

ACEH - Dalam pembukaan pertemuan 1st Finance Ministers and Central Bank Governors (FMCBG) G20 di Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung membuat penegasan mengenai klausa "the winter is coming". Dia mengatakan, tantangan yang dihadapi masyarakat dunia semakin dinamis.

Jokowi sempat membuat pernyataan "the winter is coming" sekitar empat tahun yang lalu dalam pertemuan internasional negara-negara dunia. ketika itu, quotes tersebut jadi sangat populer.

"The Winter is Coming" Temui Kebenarannya

Beberapa waktu lalu Presiden Jokowi membuktikan bahwa pernyataannya ada benarnya. Saat ini masyarakat global menghadapi persoalan yang lebih kompleks.

“Sebagaimana saya katakan pada IMF – World Bank annual meeting pada tahun 2018, "the winter is coming". Dan saat ini, winter yang berat benar-benar datang,” terangnya melalui saluran virtual pada Kamis, 17 Februari.

Dia mengatakan, pandemi COVID-19 tidak pernah terbayangkan oleh negara mana pun. Dampak buruk dari hal tersebut bahkan bisa dibilang cukup hebat sebab mempengaruhi berbagai aspek kehidupan.

“Pandemi belum berakhir dan ekonomi dunia masih terguncang,” terang Joko Widodo.

Kerja Sama untuk Tuntaskan Masalah Bersama

Oleh sebab itu, Presiden mendorong terciptanya kerja sama antarpemerintahan untuk bersama-sama mencari solusi terbaik atas persoalan yang dihadapi. Pasalnya, pandemi memiliki karakteristik yang bersifat cross border sehingga tidak ada satu negara pun yang bisa menanggulangi isu ini secara mandiri.

“Dalam situasi sekarang tidak ada satu negara pun yang bisa bangkit sendirian. Semua negara saling terkoneksi, tidak ada yang terisolasi,” tegas dia.

Dalam catatan VOI, kondisi pandemi membuat ketidakpastian terus berlanjut. Hal itu tercermin dari peningkatan kebutuhan energi di kawasan Eropa untuk menghadapi musim dingin yang tidak bisa dipenuhi oleh sisi suplai. Alhasil, krisis energi pun tidak terelakan.

Lebih lanjut, pernyataan Presiden Jokowi sangat relevan untuk disampaikan dalam forum G20, mengingat organisasi ini merepresentasikan 80 persen kekuatan ekonomi seluruh dunia. Kebijakan strategis yang diambil oleh anggota di dalamnya diyakini bisa memberi dampak luas bagi seluruh negara-negara.

Untuk itu, upaya penciptaan konsensus yang mendukung penyelesaian masalah pandemi COVID-19 menjadi sesuatu yang diharapkan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Ramalan Jokowi The Winter Is Coming jadi Kenyataan: Pandemi dan Krisis Energi Eropa.

Selain ungkapan Jokowi "the winter is coming", ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh