Jelang Tes Pramusim, Kapolri Cek Prokes MotoGP Mandalika
Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri)

Bagikan:

ACEH - Hari ini Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, memastikan kesiapan penyelenggaraan tes pramusim MotoGP Mandalika yang digelar di Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal yang dia cek antara lain sisi keamanan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Kami melaksanakan pengecekan secara langsung terkait persiapan keamanan yang dilaksanakan dalam rangka memastikan seluruh rangkaian kegiatan pramusim dan nanti kegiatan pelaksanaan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia dilaksanakan bulan Maret,” terang Sigit, dikutip VOI dari Antara, Jumat, 11 Februari.

Persoalan Tes Pramusim MotoGP Mandalika Terselesaikan

Dia mengatakan bahwa semua permasalahan yang sempat ada di sirkuit Mandalika sudah terselesaikan. Terkait prokes, dia menilai hal tersebut telah diberlakukan secara ketat mulai dari pintu masuk ke Indonesia.

Penegakan prokes dilakukan di tempat akomodasi hingga lokasi sirkuit Mandalika. Pemeriksaan dilakukan mulai dari dokumen, tes RT-PCR, tes swab antigen harian, dan pengaturan batas-batas area bagi peserta, ofisial dan masyarakat.

Selain itu, Sigit memastikan penerapan skema travel bubble atau gelembung perjalanan. Hal ini bertujuan agar kegiatan bertaraf internasional itu berjalan aman, lancar, dan memperhatikan faktor kesehatan bagi seluruh pihak terlibat.

“Artinya kami lihat bahwa untuk sistem travel bubble dalam rangka menjaga protokol kesehatan semua berjalan baik," ujarnya.

Kapolri mengatakan, sebanyak 1.598 personel gabungan dari TNI-Polri dan pihak terkait lainnya, dikerahkan untuk melakukan pengamanan dalam pelaksanaan kegiatan bertaraf internasional itu.

“Tentunya akan ada penambahan-penambahan (personel) yang disesuaikan dengan pola pengamanan dan ancaman yang dihadapi," katanya.

Indonesia Jadi Tuan Rumah Seri Kedua

Sigit menambahkan, TNI-Polri, bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) serta Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto terus melakukan evaluasi guna memastikan pelaksanaan Official Test MotoGP 2022 dan Pertamina Grand Prix of Indonesia berjalan lancar.

“Secara umum seluruhnya, saya melihat berjalan dengan baik. Evaluasi akan terus dilaksanakan Kapolda berkoordinasi dengan bapak komandan lapangan. Sehingga seluruh rangkaian dipastikan bisa berjalan aman dan pengendalian COVID-19, protokol kesehatannya berjalan sesuai yang diharapkan," tutup Sigit.

Sirkuit Mandalika disibukkan dengan ajang tes ofisial MotoGP pada 11--13 Februari yang akan menjadi momen krusial bagi tim dan pebalap menentukan arah pengembangan motor mereka sebelum menjalankan balapan pembuka musim di Qatar pada 6 Maret nanti. Sirkuit Mandalika  akan menjadi tuan rumah balapan seri kedua di kalendar MotoGP, yaitu pada 20 Maret 2022.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kapolri Pastikan Keamanan dan Prokes Pramusim MotoGP Sirkuit Mandalika.

Selain kabar MotoGP Mandalika, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.