Hindari 5 Pola Pikir yang Merukak Hubungan Ini agar Pernikahan Langgeng Selamanya
Ilustrasi (Ketut Subiyanto/Pexels)

Bagikan:

ACEH – Jujur dan memiliki komunikasi bisa membuat hubungan pernikahan harmonis. Namun, itu saja ternyata tidak cukup. Ada beberapa pola pikir yang merusak hubungan dan ini perlu dibuang jauh.

Psikolog dan penulis buku Why Can't You Read My Mind, Jeffrey Bernstein, menjelaskan bahwa ada hal lain dalam pikiran yang juga memengaruhi hubungan dengan pasangan.

Selama 30 tahun berkarier dan melakukan berbagai konseling dengan pasangan-pasangan bermasalah, Bernstein melihat ada lima jenis pikiran yang bisa merusak hubungan. Waspadalah jika Anda memiliki pikiran-pikiran seperti ini karena bisa merusak hubungan. Berikut rincian dari VOI.

Lima Pola Pikir yang Merukak Hubungan

  1. Senang atau sering menganggap salah pasangan

Dengan pola pikir ini, seseorang beranggapan bahwa semua hal yang dilakukan oleh pasangan adalah salah. Pasangan dinilai sebagai orang yang tidak pernah bisa melakukan hal benar, contohnya, "Dia selalu saja membuat kesalahan!"

  1. Senang atau sering membesar-besarkan masalah

Hal ini terjadi saat seseorang membesar-besarkan tindakan dan kejadian negatif yang menyangkut pasangannya. Contoh kasusnya adalah, “Andai saja dia tidak memutuskan resign dan memulai bisnisnya tidak jelas ini, pasti kami sekeluarga tidak akan kehilangan rumah.”

  1. Pasangan selalu paham kemauan kita

Adalah pikiran toxic saat seseorang beranggapan bahwa pasangannya akan memenuhi satu atau lebih kebutuhannya—hanya karena dia meyakini bahwa pasangannya harus mengetahui kebutuhan itu. Sementara, kebutuhan tersebut tidak pernah disampaikan.

Contoh kasus, “Kamu benar-benar tidak bisa mengerti aku. Harusnya kamu tahu kalau aku butuh me time setiap hari karena capek mengurus rumah dan anak-anak seharian.”

  1. Menilai pasangan dengan buruk

Pernikahan juga bisa ruka karena pola pikir ini. Ini merupakan pemikiran destruktif yang bisa berupa pemberian label negatif kepada pasangan. Sementara, kualitas positif pasangan diabaikan. Contoh kasus, “Dia memang sangat pelit!”

  1. Selalu menyalahkan pasangan

Ini merupakan pikiran toxic saat Anda secara tidak adil dan tak rasional menyalahkan pasangan atas masalah hubungan, atau masalah yang lebih besar. Contoh kasus, “Gara-gara menikah dengan pria ini, hidupku jadi menderita.”

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Jenis Pikiran yang Sebaiknya Dihindari agar Tidak Merusak Hubungan Pernikahan.

Selain pola pikir yang merusak hubungan, ikuti berita info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!