Tips Mengonsumsi Rempah-Rempah untuk Maksimalkan Manfaat Kesehatan
Ilustrasi tips mengonsumsi rempah untuk kesehatan (Unsplash/Hilary Hahn)

Bagikan:

ACEH - Dalam dekade terakhir berabgai ahli gizi dan peneliti mencari tahu manfaat konsumsi rempah-rempah untuk kesehatan. Beberapa rempah-rempah yang akrab dengan masyarakat adalah jahe, kayu manis, dan kunyit. Biasanya ini dijadikan minuman untuk menunjang kesehatan. Namun, Anda perlu tahu tips mengonsumsi rempah-rempah sebab jika cara dan waktunya tidak tepat, rempah-rempah bisa berefek buruk pada pencernaan.

Cara yang tepat dalam mengonsumsi dibutuhkan agar kandungan baik yang ada di dalam rempah-rempah bisa terserap dengan maksimal. Dikhawatirkan, cara yang tidak benar bisa menyebabkan kembung, sulit tidur, atau asam lambung naik.

Tips Mengonsumsi Rempah-Rempah untuk Hindari Efek Buruk

Dikutip VOI dari Huffpost, Anda perlu tahu bahwa makanan sehat bisa bermanfaat pada satu orang tetapi belum tentu pada orang lain. Setiap orang punya riwayat kesehatan yang perlu diperhatikan. Ahli gizi terdaftar, YaQutullah Ibrahim Muhammad, mengatakan bahwa tidak semua rekomendasi bisa dipraktikkan. Sebelum menjalankan tips sehat, Anda perlu menganalisis kondisi kesehatan diri sendiri.

Sebagai contoh, sebelum melakukan diet makanan tertentu, berkonsultasilah dengan profesional yang berpengalaman, terutama jika Anda harus mengonsumsi obat harian dengan resep. Obat-obatan tertentu tidak pas jika diminum bersamaan dengan rempah-rempah. Anda perlu mengenali tingkat toleransi tubuh dan kebutuhan konsumsi rempah-rempah.

Rempah-rempah paling baik dikonsumsi pada pagi hari. Pada waktu tersebut, tubuh punya banyak waktu untuk menyerap nutrisi dari rempah-rempah. Anjuran Supriya Lal, ahli gizi terdaftar, beberapa orang mungkin sulit menolerir makanan atau minuman rempah. Terutama jika Anda menderita penyakit hernia atau gastroesophageal reflux (GERD).

Tips Konsumsi Rempah-Rempah untuk Dapatkan Manfaat Kesehatan

Cara paling tepat untuk konsumsi rempah, kenali secara spesifik jenis dan manfaat rempah-rempah. Seperti teh herbal dengan biji fenugreek, dapat membantu ibu menyusui produksi ASI jika dikonsumsi sebelum tidur. Manfaat spesifik lainnya, jahe tepat dikonsumsi setelah makan untuk mendukung sistem pencernaan dan menangkal mual. Kalau kayu manis, bisa ditambahkan dalam secangkir teh hangat yang tujuannya mengurangi kadar gula darah dan memperkaya rasa.

Rekomendasi yang baik selanjutnya, tubuh perlu dipersiapkan sebelum konsumsi rempah-rempah. Menurut konsultan Ayurveda, Diana Bellofatto, caranya minum air hangat dengan lemon setiap pagi. Tujuannya untuk mengaktifkan enzim pencernaan.

Selain memperhatikan waktu konsumsi rempah paling tepat, pertimbangkan juga manfaat rempah jika dikombinasikan dengan bahan makanan lain. Misalnya, kayu manis dalam daging domba atau ayam dapat mengurangi kebutuhan natrium atau garam berlebih sehingga membantu mengelola hipertensi. Atau bila ingin mengatasi peradangan, cabai rawit, kunyit, dan jahe memiliki sifat anti inflamasi.

Untuk menyerap kualitas terbaik, Anda baiknya memilih rempah yang utuh daripada bubuk. Menurut Lal, jahe dan kunyit segar mungkin lebih mudah rusak. Tetapi bumbu bubuk cenderung kehilangan potensinya setelah beberapa bulan. Artinya, kalaupun memilih bumbu bubuk, perhatikan tanggal produksi dan kedaluwarsa. Semakin dekat dengan tanggal produksi, kualitasnya lebih baik.

Nah, apabila Anda terlalu sibuk jika harus memasak sendiri di rumah, apakah konsumsi suplemen rempah boleh dilakukan? Bubuk rempah dalam pil atau kapsul, mungkin padat nutrisi, ungkap Muhammad. Namun, ini tidak disetujui FDA sehingga sering mengandung bahan yang tidak dikontrol.

Jadi, alih-alih konsumsi pil rempah, lebih baik Anda menambahkan smoothies dengan thyme atau rosemary. Anda juga bisa menaburkan rempah jenis lain, asalkan mengetahui manfaat secara spesifik dan tidak menoleransi rempah yang dikonsumsi.

 
Selain tips mengonsumsi rempah-rempah, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.