5 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Harga Diri
Iluatrasi cara meningkatkan self-esteem dan kepercayaan diri (Unsplash/Bekah Allmark)

Bagikan:

ACEH - Mengkritisi diri sendiri bisa membuat rasa percaya diri dan harga diri atau self-esteem menurun. Berdasarkan pengalaman Bob Taibbi, psikolog klinis, harga diri, kepercayaan diri, dan citra diri masuk dalam satu paket yang sama, yaitu berhubungan dengan merasa baik tentang diri sendiri. Hal yang menghalangi perasaan baik tentang diri adalah sikap atau pola pikir yang terlalu kritis terhadap diri dan faktor eksternal yang tidak selalu mendukung pilihan kita. Untuk melawannya, ada cara meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri yang bisa dilakukan.

Berdasarkan saran Taibbi, dikutip VOI dari Psychology Today, Anda tidak perlu memulai langkah konkret untuk meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri dengan mengubah emosi, tetapi harus mengubah apa yang Anda lakukan. Jika Anda masih bingung dengan maksud dari hal tersebut, berikut ini adalah beberapa tips dari Taibbi.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Harga Diri

1. Tantang diri sendiri

Berangkat dari "apa yang ingin diubah dari diri Anda?" tantangan bisa dimulai. Mungkin sesuatu hal yang bersifat fisik, bahkan hingga gaya hidup yang lebih sehat sampai cara berbicara pada orang lain. Pastinya, pilih satu hal yang membuat Anda termotivasi untuk bergerak. Dengan begitu, Anda akan bersemangat dalam menjalankan misi.

2. Petakan langkah-langkah kecil

Melangkah kecil-kecil jauh lebih baik daripada stagnan atau jalan di tempat. Sekecil apapun langkah untuk bergerak, Anda telah berjuang melawan pilihan bergerak-atau-tidak sama sekali. Lakukan langkah yang Anda pilih dengan matab meski lambat namun mampu memenangkan ‘perlombaan’.

3. Fokus pada upaya, bukan hasil

Tak jarang usaha tidak mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Tetapi Anda mendapatkan keberanian dalam mengubah hal-hal yang membuat diri merasa buruk. Pesan Taibbi, jangan mengukur kesuksesan dengan apa yang terjadi selanjutnya, tetapi tetaplah fokus pada upaya yang dilakukan.

4. Hentikan mengkritisi diri sendiri

Suara kritis akan selalu berada di kepala dan siap menerkam. Jika tak bisa mengendalikannya, kesehatan mental bisa terpengaruh. Anda dapat menganggap suara kritis ini sebagai pengganggu tetapi Anda juga punya daya untuk melindungi diri sendiri, bukan? Jadi mulailah memperhatikan kapan suara kritis muncul dari kepala. Kemudian, katakan pada diri sendiri untuk berhenti meragukan diri yang membuat kita sulit melangkah. Lebih baik, berikan tepuk tangan pada diri sendiri karena telah mengambil risiko dan berusaha semaksimal mungkin.

5. Dapatkan dukungan

Anda tidak harus berjalan sendirian, dapatkan dukungan jika membutuhkan. Temukan orang yang Anda percayai dan bisa menjadi pemandu sorak. Bahkan jaga hubungan dekat dengan rekan yang punya kemampuan sebagai pendengar yang baik. Ini akan membantu Anda bergerak maju, lebih percaya diri, dan menghargai diri sendiri.

Selain kelima tips di atas, Taibbi juga menyarankan untuk tidak meletakkan harapan besar. Turunkan harapan dan temukan bahwa Anda dapat melakukan lebih dari yang Anda kira.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Langkah Konkret untuk Meningkatkan Self-Esteem dan Kepercayaan Diri.

Selain cara meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.