Waktu Konsumsi Aplikasi Seluler Indonesia dan Singapura Tertinggi di Dunia
Indonesia jadi negara dengan konsumsi aplikasi seluler tertinggi (foto: Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Penggunaan aplikasi seluler di seluruh dunia terus mengalami peningkatan. Hal tersebut berdasarkan penelitian terbaru pada Q2 2022 yang dibagikan oleh perusahaan data AI terpadu, data.ai. Berdasarkan penelitian tersebut, waktu konsumsi aplikasi seluler tertinggi adalah Indonesia dan Singapura, yaitu mencapai 5,7 jam dalam sehari.

Data menjelaskan, konsumen di tiga pasar (Indonesia, Singapura, Brasil) saat ini menghabiskan lebih dari 5 jam sehari di aplikasi. Sementara, pengguna di 13 wilayah di (Indonesia, Singapura, Brasil, Meksiko, Australia, India, Jepang, Korea Selatan, Kanada, Rusia, Turki, AS, Inggris) berkomitmen lebih dari 4 jam sehari. 

Pandemi dan Waktu Konsumsi Aplikasi Seluler

Dua tahun lalu menjadi puncak dari pandemi dan berbagai negara menerapkan lockdown. Hal tersebut menyebabkan masyarakat beralih ke dunia virtual untuk melakukan kegiatan, seperti belanja, belajar, bekerja, dan bermain. 

Menurut data tersebut, sepertinya kebiasaan masyarakat selama pandemi memiliki dampak yang panjang. Konsumen tampaknya mengadopsi perilaku baru selama pandemi tersebut dan terus menjalankannya. Hal itu terbukti dari terus meningkatnya jumlah konsumsi aplikasi seluler di beberapa negara, bahkan ada yang sangat signifikan. 

Data.ai memberikan data dari tuga tahun berbeda (2020--2022) di kuartal yang sama, yaitu Q2 sebagai perbandingan konsumsi aplikasi seluler. Konsumsi aplikasi seluler di Singapura dalam kurun waktu tiga tahun meningkat 40%. Sedangkan Indonesia meningkat hanya 10% saja. 

Perubahan Waktu Konsumsi Aplikasi Seluler Beberapa Negara

Tidak seperti dua negara tadi, konsumsi penggunaan aplikasi seluler di negara Brazil justru berkurang 5% dalam tiga tahun ini. 

Negara lain mengalami pertumbuhan yang berbeda-beda, yaitu India (+5%), Jepang (+5%), Kanada (+20%), Rusia (+10%), AS (+5%), Inggris (+5%), Cina (+5%) dan Jerman (+10%).

Beberapa pasar tidak melihat pertumbuhan atau sedikit perlambatan, seperti Meksiko dan Korea Selatan (0%), sedangkan untuk Turki, dan Argentina (keduanya di -5%). 

Artikel ini telah tayang dengan judul Indonesia dan Singapura jadi Negara dengan Waktu Konsumsi Aplikasi Seluler Terbanyak, yaitu 5,7 Jam per Hari.

Selain waktu konsumsi aplikasi seluler, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.