Citayam Fashion Week Kontroversial, Menko PMK Tawarkan Zebra Cross Depan Kantor untuk Gelar Kegiatan
Menko PMK Muhadjir Effendi/Foto: Antara

Bagikan:

ACEH - Kegiatan Citayam Fashion Week yang digelar di zebra cross Jalan Tanjung Karang, Dukuh Atas, Jakarta Pusat menjadi kontroversi. Hal ini mendapat tanggapan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy.

Dia mengatakan, ajang peragaan busana yang telah digandrungi oleh remaja "SCBD" (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok) sebenarnya adalah ide kreatif masyarakat. Meski demikian, kegiatan tersebut harus memperhatikan lokasi dan dampak yang ditimbulkan.

"Kalau dari segi gagasan, bagus, ide anak-anak muda harus disalurkan. Kalau tak boleh, ya nanti cari tempat yang aman, yang lebih representatif. Tapi, jangan sampai disumbat," terang Muhadjir di kantor Kemenko PMK, dikutip VOI pada Jumat, 29 Juli.

Tawaran Lokasi Citayam Fashion Week dari Menko PMK

Dia menjelaskan, jika Citayam Fashion Week di Dukuh Atas dilarang, Muhadjir Effendy menawarkan kepada remaja "SCBD" untuk melaksanakan kegiatan itu di zebra cross depan kantor Kemenko PMK, yaitu di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

"Di kantor (Kemenko) PMK dan halaman (Kemenko) PMK, sini, juga boleh. Itu pakai zebra cross depan (kantor Kemenko) PMK), itu boleh dipakai. Silakan saja. Yang penting, jangan sampai disumbat kreativitasnya," terang Muhadjir.

Muhadjir juga berpesan agar kegiatan Citayam Fashion Week dilakukan tanpa melanggar aturan dan norma yang berlaku.

"Jangan disalahgunakan, fashion-fashion yang memang tampil itu yang proporsional kepribadian bangsa, taat hukum. Jangan menonjolkan yang justru itu bukan perilaku kebudayaan Indonesia," ungkapnya.

Kontroversi Citayam Fashion Week

Sebagai informasi, kegiatan Citayam Fashion Week kini menimbulkan kontroversi. Satu sisi, ajang tampil gaya ini dapat menjadi hiburan masyarakat. Namun di sisi lain, banyak dampak yang ditimbulkan seperti kemacetan panjang hingga pelanggaran aturan penggunaan tempat penyeberangan.

Sejak beberapa waktu lalu, polisi pun sempat memblokade zebra cross di kawasan Dukuh Atas ini. Sejumlah kendaraan bermotor yang parkir secara liar juga ditertibkan. Belakangan, Citayam Fashion Week juga diprotes warga sekitar.

Artikel ini telah tayang dengan judul Citayam Fashion Week di Dukuh Atas Tuai Kontroversi, Menko PMK Tawarkan Pindah ke Zebra Cross Depan Kantornya.

Selain Citayam Fashion Week, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.