4 Tips Menata Kamar Sempit Tetap Estetik dan Nyaman
Ilustrasi (Jean Van Der Muelen/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Kamar tidur merupakan area yang penting karena menjadi tempat Anda melepas lelah setelah seharian bekerja keras. Orang biasanya mendapatkan ketenangan saat kamar tidurnya bersih, rapi, dan luas. Tetapi, bagaimana jika ukuran kamar tidur sempit? Tak perlu khawatir dan bermuram durja, ada tips menata kamar sempit agar tetap menarik dan estetik, serta nyaman tentunya.

Kamar tidur berukuran sempit membatasi ruang gerak dan furnitur. Tata kelola yang tidak tepat akan membuat kamar terasa sesak dan tidak nyaman. Sementara, kamar yang nyaman dan rapi akan memperbaiki suasana hati dan mendukung produktivitas. Berikut ini beberapa tips yang dikutip VOI dari HerWorld.

Tips Menata Kamar Sempit Tetap Estetik

Menggunakan cat tembok berwarna terang

Tips pertama berhubungan dengan warga dominan. Sebagai bagian utama dari sebuah ruangan, warna cat tembok merupakan penentu suasana kamar tidur. Agar kamar tidur semakin lega dan leluasa, gunakan cat warna tembok yang terang. Anda tidak perlu menggunakan warna yang terlalu mencolok mata.

Banyak warna terang yang bisa kita pakai, seperti putih, warna pastel, kuning muda, soft pink, dan warna terang lainnya. Warna-warna tersebut akan membantu kamar tidur kita menjadi lebih lega.

Menggunakan furnitur berwarna senada

Selain mengecat tembok dengan warna yang terang, pemilihan warna di furnitur juga penting agar kamar tidur yang sempit terlihat lebih rapih. Warna-warna netral seperti putih dan abu-abu cocok digunakan sebagai warna furnitur. Elemen kayu terang juga dapat digunakan pada meja, tempat tidur, dan lemari baju agar menciptakan aksen yang seragam dan minimalis. Hindari penggunaan furnitur dengan warna yang kontras dengan satu sama lain agar kamar tidur lebih enak dilihat dan nyaman.

Maksimalkan cahaya alami

Pencahayaan sangat penting untuk membuat ruangan kamar kita terasa lebih luas. Kamar yang gelap akan terasa sempit, sesak, dan dapat merusak suasana hati. Menutup gorden di kamar sepanjang hari juga akan menimbulkan stres karena kurangnya pencahayaan natural di ruangan. Oleh karena itu, salah satu tips menata kamar tidur sempit sederhana yang perlu dilakukan adalah membuka jendela di kamar tidur kita pada siang hari saat matahari dapat menyinari seluruh isi kamar tidur.

Dekorasi seperlunya

Anda dapat menghias kamar tidur yang sempit secukupnya dengan menggantung satu sampai dua bingkai foto atau lukisan di atas kasur agar memberikan aksen minimalis dan modern. Dekorasi tentu membuat kamar tidur kita menjadi lebih indah dan berwarna. Namun, dekorasi yang terlalu ramai di suatu ruangan akan menyebabkan ruangan tersebut menjadi terasa sempit. Jika luas kamar tidur sudah sempit, tentunya kita perlu mengatur penempatan dekorasi dengan baik agar tidak terlalu ramai sehingga ruangan kamar tetap terasa luas dan indah.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tips Menata Kamar Tidur Sempit Terlihat Estetik.
 
Selain tips menata kamar sempit, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.