6 Efek Buruk Kesehatan Terlalu Lama di Ruang Ber-AC
Ilustrasi (Edwin Tan/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Penggunaan air conditioner atau AC di sebuah ruangan akan membuat udara yang panas jadi teraja sejuk, bahkan dingin. Ini biasanya membuat orang-orang nyaman dan berlama-lama di ruangan ber-AC. Namun, ada efek buruk kesehatan terlalu lama di ruang ber-AC. 

Beberapa orang mungkin hanya berpikir bahwa efek buruk dari lama di ruangan ber-AC adalah meriang, terutama bagi yang tidak tahan dingin. Padahal, ada beberapa efek buruk lain yang bisa terjadi. Disadur VOI dari Parenting Firstcry, berikut adalah beberapa di antaranya.

Berbagai Efek Buruk Kesehatan Terlalu Lama di Ruang AC

Mata kering

Mata kering merupakan kondisi saat mata tidak mendapat pelumasan yang cukup dari air mata. Ini dapat menyebabkan penglihatan kabur, mata gatal, hingga sensasi terbakar. Berlama-lama di ruangan ber-AC bisa memicu mata kering. Jika Anda cenderung menderita mata kering, sebaiknya hindari berlama-lama di ruangan ber-AC karena akan memperburuk keadaan.

Dehidrasi

Saat mendinginkan ruangan, AC sering kali menyedot kelembapan lebih dari yang diperlukan. Jika Anda mengaturnya ke suhu rendah, maka kemungkinan ruangan menjadi kering cukup tinggi. Selain ruangan, AC juga menyedot kelembapan dari tubuh. Jika Anda tidak menghidrasi tubuh dengan baik, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami dehidrasi.

Sakit kepala

Perbedaan suhu di luar dan dalam ruangan ber-AC yang cukup besar, membuat tubuh tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri. Alhasil, sakit kepala bisa terjadi. Selain itu, paparan AC terus menerus juga dapat memicu sakit kepala pada penderita migrain.

Infeksi virus

Ini adalah masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan AC. Saluran hidung dan selaput lendir yang terlalu kering dapat memicu infeksi virus. Itu karena lendir membentuk lapisan pelindung untuk menjauhkan tubuh dari infeksi. Jika kering karena penggunaan AC, infeksi akan menyerang tubuh dalam waktu singkat.

Masalah pernapasan

Paparan AC terus menerus dapat mengganggu fungsi normal hidung dan tenggorokan. Ini dapat menyebabkan penyumbatan pernapasan dan peradangan pada selaput lendir. AC juga dapat mempengaruhi kerja paru-paru.

Memicu kulit kering

AC yang terlalu dingin dapat memicu kulit kering. Hal tersebut dipicu dari minimnya kelembapan udara yang diakibatkan dari ruangan yang dingin. Untuk meminimalisir kulit yang kering diakibatkan oleh AC, Anda bisa menggunakan body lotion yang membantu melembabkan kulit.

Artikel ini telah tayang dengan judul Terlalu Sering Berada di Ruang Ber-AC, Ini Efek yang Bisa Pengaruhi Kesehatan Anda.

Selain efek buruk kesehatan terlalu lama di ruang AC, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.