Bertahan Tahunan, Inilah Tanaman Sayur Perenial yang Bisa Ditanam di Sekitar Rumah
Ilustrasi tanaman sayur perennial (Unsplash/Jonathan Hanna)

Bagikan:

ACEH - Tanaman perenial bisa dipanen sepanjang tahun sebab bisa hidup bertahun-tahun. Tanaman sayur perenial sering mejadi pilihan favorit sebab membutuhkan sedikit perawatan. Orang yang ingin merawatnya hanya butuh peralatan pertanian sederhana, tidak perlu melakukan pembajakan layaknya menanam padi. 

Dikutip VOI dari Small Footprint Family, kandungan nutrisi tanaman tahunan dinilai lebih baik karena lebih mudah tumbuh, bermanfaat secara ekologis, dan tidak bergantung pada air serta kebutuhan perawatan lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan menanam sayuran perenial.

  1. Bertahan hidup melewati berbagai musim. Tanaman keras yang termasuk sebagai sayuran perenial bisa tumbuh kuat dan siap panen.
  2. Banyak sayuran perenial yang berfungsi sebagai pagar, meminimalisir erosi lereng, dan memperbaiki nitrogen tanah.
  3. Menumbuhkan jaring makanan tanah yang sehat dan utuh termasuk menyediakan habitat bagi sejumlah besar hewan.

Berbagai Jenis Tanaman Sayur Perenial

Setelah menanam tanaman sayur yang tumbuh menahun, Anda bisa ke tingkat berikutnya dan mempertimbangkan berkebun permakultur. Dengan jenis tanaman sayur ini, stok kebutuhan pangan Anda akan lebih terjaga.

Permakultur meniru ekosistem alam sehingga mendorong kemitraan antara tanaman, tanah, serangga, dan satwa liar. Tanaman sayuran perenial yang bisa ditanam di halaman belakang rumah, antara lain sebagiai berikut.

  1. Beri semak, seperti stroberi, rasberi, dan bluberi.
  2. Asparagus.
  3. Rhubharb.
  4. Kale.
  5. Kangkung.
  6. Bawang putih.
  7. Cabai.
  8. Selada air.
  9. Lovage.
  10. Ubi jalar.

Dari sepuluh daftar di atas, menanam sayur perenial bisa disesuaikan dengan kondisi lahan Anda. Tanaman sayur tersebut bisa ditanam dengan kultivar khusus. Maka pilih dengan cermat bibitnya supaya mendapatkan kualitas tanaman dan hasil panen yang baik.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bisa Ditanam di Rumah, 10 Tanaman Sayur Perennial yang Bisa Hidup Bertahun-tahun.

Selain tanaman sayur perenial, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.