7 Jenis Pakis yang Cocok Jadi Dekorasi Rumah Tropis Modern
Ilustrasi (Joshua Mcknight/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Pakis merupakan jenis tanaman hias indoor yang tumbuh dengan dedaunan rimbun. Sehingga menampilkan kesan rumah tropis modern yang sejuk dan nyaman. Tanaman pakis, hadir dalam berbagai warna dan tekstur, termasuk daun yang halus dan berenda serta dedaunan yang halus dan besar.

Kalau Anda berminat mencontek dekorasi rumah tropis modern, berikut tujuh jenis tanaman hias pakis yang bisa dijadikan rekomendasi plus tips perawatannya, dilansir VOI dari Better Homes and Gardens, Senin, 29 Mei.

1. Pakis Staghorn

Ilustrasi (Better Homes & Gardens)

Tumbuhan ini menarik perhatian karena dua alasan yaitu daun bercabang senama yang mirip tanduk dan pertumbuhannya yang unik. Staghorn adalah epifit, dimana tumbuhan ini menumpang hidup dari tanaman lain jika dikembangbiakan di alam. Jadi mereka tidak perlu tumbuh di pot berisi tanah seperti tanaman lainnya. 

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan pakis staghorn sebagai pajangan untuk dipasang di papan yang digantung di dinding. Siram tanaman ini seperti Anda menyirami tanaman lainnya, dengan menyemprotkan air setiap hari atau direndam dalam air seminggu sekali.

2. Pakis Maidenhair

Ilustrasi (Better Homes & Gardens)

Maidenhairs dikenal agak sulit tumbuh dalam ruangan. Itu karena tanaman ini menyukai kelembaban atau membutuhkan banyak air dan udara yang lembab. Jadi jika Anda punya kebiasaan kelebihan menyiram tanaman, maka pakis jenis ini cocok untuk Anda. Siram pakis satu hingga dua kali sehari dan tanaman ini akan tumbuh dengan daun bertekstur halus pada batang yang panjang, hitam, dan kurus.

3. Pakis Lemon

Ilustrasi (Better Homes & Gardens)

Tanaman ini punya rupa yang lucu seperti kancing dengan selebaran bulat kecil berwarna hijau keemasan, yang memberikan tampilan sama seperti kancing. Daun yang panjang dan melengkung bisa diletakkan di keranjang gantung atau terrarium meja. Pakis minim perawatan ini memberikan kesan mewah pada gaya dekorasi apa pun.

4. Pakis Kanguru

Ilustrasi (Better Homes & Gardens)

Pakis kanguru memiliki ciri khas daun hijau tua yang mengkilap. Berasal dari Australia, nama pakis kanguru diambil dari bentuk daunnya yang panjang, mirip kaki kanguru. Seperti pakis kaki kelinci, pakis ini memiliki akar tebal yang dapat menjalar ke sisi wadahnya.

5. Pakis Buaya

Ilustrasi (Better Homes & Gardens)

Dedaunan hijau terang dengan tampilan bersisik seperti reptil, menjadikan pakis buaya jauh dari ciri khas tanaman pakis yang rata-rata punya daun hijau tebal dan bertekstur halus. Karena tampilannya, pakis ini dijuluki pakis buaya. Saat mencapai umur dewasa, panjang pakis buaya bisa sekitar 2-3 kaki.

6. Pakis Kaki Kelinci

Ilustrasi (Better Homes & Gardens)

Pakis cantik ini menampilkan daun berwarna hijau tua, bertekstur halus, tampak mungil dan batang mirip akar berbulu halus yang merayap di sisi potnya atau di sepanjang tanah. Bulu putih keabu-abuan menutupi akar, menjadikan bentuknya menyerupai kelinci. Tampilkan keindahan akarnya dengan menanam pakis kaki kelinci di pot gantung.

7. Pakis Perak

Ilustrasi (Better Homes & Gardens)

Pakis perak dikenal indah karena memiliki dua warna pada daunnya. Setiap daun memiliki beberapa garis daun ramping dengan warna keperakan pucat di tengahnya. Garis daun juga memiliki ujung jambul atau bercabang. Pakis ini menyukai kelembapan sehingga Anda perlu menjaga tanah tetap basah.