Pengerjaan Tuntas, Bandara Lombok Praya Siap Sambut MotoGP Mandalika
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

ACEH - Belum lama ini PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I mengatakan bahwa pembangunan Bandara Lombok Praya untuk menyambut MotoGP Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) telah tuntas. Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengaku siap mendukung gelaran MotoGP serta menyambut kedatangan para peserta, official, dan penonton  MotoGP 2022 yang akan diselenggarakan di sirkuit Mandalika.

"Hal tersebut ditunjukkan dengan telah selesainya pengembangan Bandara Lombok Praya, di mana pengembangan tersebut mencakup perluasan terminal penumpang, perluasan apron, perpanjangan landas pacu (apron), dan pengembangan fasilitas kargo," terang Faik dikutip VOI pada Senin, 10 Januari.

Persiapan Bandara Lombok Praya Menyambut MotoGP Mandalika

Dia menjelaskan bahwa terminal penumpang Bandara Lombok telah diperluas menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun. Sebelumnya, luas terminal penumpang hanya 24.123 meter persegi dengan kapasitas 3,25 juta penumpang per tahun.

Apron Bandara Lombok saat ini mampu menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body, sedangkan landas pacunya siap mendukung operasional pesawat berbadan lebar sekelas Boeing 777. Sebagai informasi, landas pacu sepanjang 3.300 meter milik Bandara Lombok merupakan landas pacu terpanjang nomor lima di Indonesia.

Sebagai informasi, landas pacu sepanjang 3.300 meter yang dimiliki Bandara Lombok merupakan landas pacu terpanjang nomor lima di Indonesia.

Selain melakukan persiapan dari sisi konektivitas udara, AP I juga sudah menyiapkan mitigasi risiko untuk mengantisipasi potensi risiko yang mungkin terjadi dan memengaruhi kelangsungan perhelatan MotoGP, seperti over capacity, cuaca buruk yang menyebabkan pesawat tidak dapat mendarat, dan hal lainnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bandara Lombok Praya Siap Sambut MotoGP 2022.

Selain Bandara Lombok Praya, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh