Mengenal 5 Penyebab Bau Mulut yang Perlu Diperhatikan
Ilustrasi Bau Mulut (Shvets Productions/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Bau mulut atau halitosis bisa menyebabkan seseorang jadi tidak percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain. Bagi orang lain, hal ini juga menjadi hal yang mengganggu komunikasi, terlebih lagi jika pasangan memiliki mulut yang bau. Ini kadang terjadi karena orang tak terlalu tahu atau memperhatikan apa saja yang jadi penyebab bau mulut.

Tindakan preventif biasanya dilakukan, seperti mengunyah permen karet, permen min, atau berkumur dengan obat kumur. Sayangnya, ini hanya memberikan efek yang sementara.

Penyebab bau mulut sebenarnya bervariasi, tergantung dari sumber bau tersebut. Melansir Mayo Clinic, sebagian besar bau mulut disebabkan oleh beberapa hal ini.

Inilah Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Bau Mulut

  1. Makanan

Pecahnya partikel makanan di dalam dan di sekitar gigi dapat meningkatkan bakteri sehingga menyebabkan bau mulut tak sedap. Makan makanan tertentu, seperti bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah, juga bisa menyebabkan bau mulut. Setelah dicerna, makanan akan masuk ke aliran darah, dibawa ke paru-paru, lalu memengaruhi aroma napas Anda. 

  1. Produk tembakau

Merokok menyebabkan bau mulut tidak sedap. Perokok juga lebih cenderung memiliki penyakit gusi, yang mana juga bisa jadi sumber bau mulut.

  1. Buruknya kebersihan gigi

Jika Anda tidak menyikat dan menggunakan benang gigi setiap hari, maka sisa makanan tetap berada di mulut sehingga menyebabkan bau mulut. Lapisan bakteri (plak) tidak berwarna dan lengket terbentuk di gigi Anda.

Jika tidak disikat, plak dapat mengiritasi gusi dan akhirnya membentuk kantong berisi plak di antara gigi dan gusi (periodontitis). Lidah juga bisa menjebak bakteri yang menghasilkan bau.

Gigi palsu yang tidak dibersihkan secara teratur atau tidak terpasang dengan benar dapat menampung bakteri penyebab bau dan sisa makanan.

  1. Mulut kering

Air liur membantu membersihkan mulut dan menghilangkan sisa makanan yang menyebabkan bau mulut tak sedap. Mulut kering atau xerostomia dapat menyebabkan bau mulut karena produksi air liur menurun.

Mulut kering secara alami terjadi saat tidur, menyebabkan "napas pagi", dan akan memburuk jika Anda tidur dengan mulut terbuka. Mulut kering kronis dapat disebabkan oleh masalah pada kelenjar ludah dan beberapa penyakit.

  1. Infeksi mulut

Bau mulut juga dapat disebabkan oleh luka operasi setelah operasi mulut, seperti cabut gigi karena rusak, penyakit gusi, atau sariawan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Penyebab Bau Mulut Tak Sedap, Apa Saja?

Selain penyebab bau mulut, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!