Bertemu Jokowi, Vladimir Putin Sebut Perusahaan Rusia Siap Ambil Bagian dalam Pemindahan Ibu Kota Indonesia
Presiden Jokowi bersama Presiden Putin di Kremlin, Moskow. (Sumber: Kremlin.ru)

分享:

ACEH - Belum lama ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk membahas beberapa hal. Dalam pertemuan tersebut, Putin menyebut perusahaan Rusia siap ambil bagian dalam pemindahan ibu kota negara Indonesia, secara khusus menyebut sektor infrastruktur dan transportasi.

Putin menyatakan, ada prospek yang baik untuk kontak bisnis pada pengembangan infrastruktur transportasi dan logistik. Lebih detail, dia menyebut Rusia siap ambil bagian dalam pemindahan ibu kota Indonesia.

"Secara khusus, Russian Railways bisa bergabung dalam implementasi inisiatif skala besar oleh kepemimpinan Indonesia untuk memindahkan ibu kota negara ke pulau Kalimantan," terang Presiden Putin, dikutip VOI dari situs Kremlin.ru, 1 Juli.

"Ibu kota Rusia, Moskow, yang menunjukkan kecepatan dan kualitas perkembangannya sendiri yang sangat baik, juga dapat mengambil bagian dalam pekerjaan ini, tentu saja dalam skala besar, sambungnya.

Vladimir Putin Terkait Pertemuan dengan Jokowi

Vladimir Putin menjelaskan, banyak perusahaan Rusia, termasuk di bidang energi, yang beroperasi di Indonesia. 

"Rosatom State Corporation, yang memiliki pengalaman dan kompetensi unik dengan teknologi yang tidak memiliki analog di dunia, siap untuk berpartisipasi dalam proyek bersama, termasuk yang terkait dengan penggunaan non-energi teknologi nuklir, misalnya, di bidang kedokteran dan pertanian," terang Putin.

Presiden Rusia mengapresiasi kunjungan dan diskusi yang dia lakukan bersama Presiden Indonesia yang dia nilai berlangsung produktif. Dia yakin, kesepakatan dalam pertemuan tersebut akan memperkuat kemitraan Rusia-Indonesia.

Presiden Jokowi Lanjutkan Perjalanan ke Uni Emirat Arab

Diketahui, Presiden Jokowi tiba di Rusia pada Kamis, 30 Juni 2022 dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang mendarat di Bandara Vnukovo II sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Sehari sebelumnya, Jokowi baru saja bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv.

Usai bertemu Presiden Putin, rombongan Presiden Jokowi betolak menuju Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dari Bandara Vnukovo II, Moskow, Rusia dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia GIA-1.

Artikel ini telah tayang dengan judul Presiden Putin Sebut Perusahaan Rusia Siap Ambil Bagian dalam Proses Pemindahan Ibu Kota ke IKN dan Pengembangan Nuklir Indonesia.

Selain pertemuan Presiden Jokowi dengan Vladimir Putin, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.