Antisipasi Heat Stroke Jemaah Haji, Kemenkes Siapkan Rompi Canggih Penurun Panas
Foto via Antara

分享:

ACEH - Guna antisipasi kasus heat stroke pada haji di Arafah, Muzdhallifah, dan Mina (Armuzna) dalam musim haji 2022, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memanfaatkan teknologi carbon cool berbentuk rompi untuk menurunkan suhu.

"Rompi penurun suhu ini merupakan inovasi pelayanan kesehatan di musim haji 1443 H, untuk penanganan kasus heat stroke yang mungkin terjadi di musim haji 2022," terang Kepala Pusat Kesehatan Haji, Budi Sylvana, di Mekkah, Senin 27 Juni, dikutip VOI dari Antara.

Rompi Canggih untuk Pertolongan Pertama Heat Stroke

Rompi penurun suhu berteknologi canggih ini juga akan digunakan oleh para petugas kesehatan yang bertugas di Armuzna sebagai tindakan pencegahan. 

Sebanyak 10 jaket disiapkan untuk para petugas. Sementara, 20 jaket disiapkan untuk pertolongan pertama pada jemaah heat stroke.

Tim dokter Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah sekaligus tim peneliti Dr. dr. Rr. Suzy Indharty MHA MKes SpBS(K)-Spesialis bedah saraf konsultan tumor otak dosen Fakultas Kedokteran USU Medan kolaborasi dengan dosen Fakultas Tehnik UNS Solo, menjelaskan bahwa pengukuran suhu dan tanda vital jemaah menjadi parameter dalam penggunaan rompi tersebut.

"Suhu diukur secara berkelanjutan dan akan dihentikan setelah suhu pasien turun mencapai 38 derajat (Celsius, red.), untuk kemudian diberikan terapi standar lainnya," kata dia.

Cara Kerja Rompi Penurun Suhu

Techno cool digunakan karena memiliki daya tahan dingin yang lama hingga 8--12 jam, jauh lebih lama dibandingkan dengan penggunaan es atau ice gel, tidak cepat mencair dan tidak basah.

Pasien akan dipakaikan rompi lengkap dengan decker untuk meredam saraf-saraf sensorik yang banyak di bagian tubuh terbuka yang tersengat matahari yaitu bagian lengan, paha, dan betis. Dalam keadaan darurat, techno cool bisa langsung ditempelkan di tubuh pasien.

Koordinator Surveilans PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan Prof Rustika, SKM, MSi memastikan teknologi ini dibutuhkan untuk penanganan heat stroke pada jemaah haji.

Artikel ini telah tayang dengan judul Rompi Keren Berteknologi Carbon Cool Bisa Jadi Penanganan Kasus Heat Stroke Jemaah di Saudi.

Selain heat stroke, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.