Kemensos Kukuhkan Kampung Siaga Bencana Lembah Seulawah di Aceh Besar
Simulasi kegiatan Kampung Siaga Bencana Lembah Seulawah di Lapangan SMK PP Saree, Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Jumat (24/6/2022). (ANTARA/HO-Kemensos)

分享:

ACEH - Menteri Sosial, Tri Rismaharini, menjelaskan bahwa Kampung Siaga Bencana (KSB) merupakan salah satu bentuk investasi sosial sehingga Kementerian Sosial (Kemensos) mencanangkan hal tersebut. Belum lama ini, Kemensos mengukuhkan KSB Lembah Seulawah di Lapangan SMK PP Saree, Kecamatan Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

"Dengan adanya KSB diharapkan masyarakat mampu melakukan penanganan bencana secara cepat dan mandiri untuk mencegah dan mengurangi dampak yang lebih luas, khususnya bagi masyarakat Lembah Seulawah," terang Plt. Direktur Perlindungan Sosial Bencana Alam, Iyan Kusmadiana, dalam keterangan tertulis dikutip VOI dari ANTARA, Jumat, 24 Juni.

Tujuan Pencanangan Kampung Siaga Bencana di Aceh Besar

Selai itu, Kemensos memberikan bantuan sebesar Rp138.118.950 untuk penguatan lumbung sosial KSB Lembah Seulawah.

"Bantuan ini diberikan Kementerian Sosial untuk lumbung sosial KSB. Jadi saat terjadi bencana atau kedaruratan, bapak ibu sekalian dapat memanfaatkan logistik yang ada di KSB Lembah Seulawah, tanpa harus menunggu bantuan dari Pusat tiba," terang Iyan.

Dia menjelaskan bahwa hal ini merupakan upaya Kemensos terkait percepatan penanganan bencana sebagai salah satu kunci untuk mengurangi dampak bencana. Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, turut hadir dalam kesempatan itu untuk mengapresiasi pembentukan KSB di Kecamatan Lembah Seulawah.

"Jadi, pembentukan KSB oleh Kementerian Sosial merupakan langkah yang tepat untuk Pemerintah Kabupaten Aceh Besar dalam penanggulangan bencana, mengingat Aceh Besar merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap bencana," jelasnya.

Harapan terhadap Relawan KSB

Mawardi berharap kepada relawan KSB yang telah dikukuhkan dapat memberikan ilmu yang diperoleh kepada masyarakat lainnya dan dapat menjadi percontohan bagi kecamatan lain dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar.

"Hal ini harus dapat diikuti oleh setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Besar meskipun tanpa bantuan dana dari Pemerintah. Karena program ini sejatinya berbasis masyarakat, dari kita dan untuk kita bersama," kata dia.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kemensos: Kampung Siaga Bencana Jadi Investasi Sosial.

Selain Kampung Siaga Bencana di Aceh Besar, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.