Hadi Tjahjanto Jadi Menteri ATR/BPN, Jokowi Beri Dua Tugas Penting
Pelantikan menteri di Istana/FOTO: ANTARA

分享:

ACEH - Mantan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto, saat ini menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Dengan jabatan barunya, dia mendapatkan dua tugas penting dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), salah satunya menyelesaikan masalah sengketa tanah yang banyak terjadi.

Tugas Penting Hadi Tjahjanto dari Jokowi

Jokowi menyampaikan hal tersebut usai melantik menteri dan wakil menteri baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 15 Juni.

"Tadi malam saya sampaikan urusan yang berkaitan dengan sengketa tanah, sengketa lahan sebanyak-banyaknya bisa diselesaikan," terang Jokowi di Istana Negara, seperti dikutip VOI.

Selain itu, Jokowi juga meminta Hadi bisa mempercepat proses sertifikasi tanah yang menjadi tugas BPN.

"Kedua urusan sertifikat. Harus sebanyak-banyaknya diselesaikan," tegas Jokowi.

Tugas terakhir yang harus diselesaikan oleh Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN adalah persoalan yang berkaitan dengan pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

Jokowi yakin Hadi mampu menyelesaikan segala tugas yang dibebankan. Terlebih lagi, Hadi memiliki pengalaman sebagai Panglima TNI yang menguasai masalah teritorial.

"Pak Hadi sebagai Menteri ATR/BPN karena beliau dulu sebagai mantan panglima menguasai teritori," ujar Jokowi.

Selain itu, menteri barunya juga dinilai mampu bekerja secara detail. "Saya yakini Pak Hadi punya kemampuan untuk itu," ungkap Jokowi.

Reshuffle Kabinet Jokowi

Sebelumnya, terkait reshuffle kabinet, Jokowi resmi melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara pada hari ini, Rabu, 15 Juni.

Saat ini Zulkifli Hasan menjabat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan M. Lutfi sementara Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Acara pelantikan ini diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya. Para tamu undangan termasuk ketua umum partai politik juga tampak hadir dalam kegiatan tersebut.

Setelah Indonesia raya dibacakan, Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti membacakan Kepres No 64 P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

"Mengangkat sebagai menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Masing-masing, Saudara Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Saudara Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang dan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN)," demikian kata Nanik membacakan kutipan Keppres yang ditetapkan pada Selasa, 15 Juni.

Artikel ini telah tayang dengan judul Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menteri ATR/BPN, Jokowi Perintahkan Sengketa Tanah dan Sertifikat Segera Diselesaikan.

Selain pelantikan Hadi Tjahjanto, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.