Swedia Akan Kirim Lebih Banyak Bantuan Militer untuk Ukraina
Ilustrasi militer Ukraina. (Wikimedia Commons/Sgt. Anthony Jones)

分享:

ACEH - Swedia akan berikan lebih banyak bantuan militer dan ekonomi kepada Ukraina, antara lain rudal anti-kapal, senapan, dan senjata anti-tank. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan Swedia, Mikael Damberg, dan Menteri Pertahanan Swedia, Peter Hultqvist, pada Kamis.

"Usulan yang diajukan (ke parlemen) berarti, bahwa dana yang dialokasikan untuk anggaran pemerintah pusat akan meningkat sebesar 1 miliar krona Swedia (Rp1.476.867.449.000) pada tahun 2022," kata Mikael Damberg dalam sebuah pernyataan, dikutip VOI dari Reuters, 2 Juni.

"Dalam solidaritas dengan Ukraina, dan sebagai bagian dari tanggapan internasional terhadap tindakan Rusia, pemerintah melihat kebutuhan yang berkelanjutan untuk mendukung Ukraina," lanjut pernyataan tersebut.

Bantuan Militer untuk Ukraina dari Negara Barat

Sebelumnya, Swedia mengumumkan rencana pengiriman perlengkapan militer termasuk 5.000 senjata anti-tank, helm, dan pelindung tubuh ke Ukraina pada Februari 2022. Bulan berikutnya, Swedia membuat pengumuman akan mengirim 5.000 senjata anti-tank lainnya.

Ukraina terus memperoleh dukungan persenjataan dari berbagai negara Barat. Belum lama ini Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengumumkan pemberian bantuan militer terbaru kepada Ukraina senilai sekitar Rp10 triliun. Biden menyatakan AS akan terus membantu Kyiv mempertahankan diri.

Paket senjata baru senilai 700 juta dolar AS atau sekitar Rp10.188.850.000.000 juta yang diumumkan, mencakup sistem roket artileri mobilitas tinggi, yang dapat secara akurat mencapai target sejauh 80 km (50 mil).

Sebelumnya, Presiden Biden mengumumkan rencana untuk memberikan sistem roket HIMARS presisi ke Ukraina, setelah menerima jaminan dari Kyiv bahwa mereka tidak akan menggunakannya untuk mencapai target di dalam wilayah Rusia. Presiden Biden memberlakukan syarat itu untuk mencoba menghindari eskalasi perang Ukraina.

Artikel ini telah tayang dengan judul Swedia Bakal Tambah Bantuan Militer untuk Ukraina, Termasul Rudal Anti-kapal.

Selain bantuan militer rudal anti-kapal dari Swedia, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.