5 Sikap Introver di Tempat Kerja yang Rawan Disalahpahami
Ilustrasi sikap orang introvert di tempat kerja (Pexels/Andrea Piacquadio)

分享:

ACEH - Orang introfer lebih nyaman sendiri dibanding berkumpul bersama banyak orang. Di tempat kerja hal ini bisa menjadi sorotan, tetapi perlu dipahami. Ada beberapa sikap intover di tempat kerja yang kadang dinilai oleh sebagian orang kurang etis, padahal sebenernya ini merupakan sesuatu yang perlu dipahami.

Dikutip VOI dari Introvert Dear, tempat kerja sering menjadi medan ketegangan antarindividu yang memiliki kepribadian berbeda-beda. Hal ini memang tak bisa disamakan bagi semua manusia. Oleh sebab itu, pemahaman dan pemakluman perlu dilakukan agar tidak tercipta ketegangan dan kesalahpahaman. Berikut ini adalah beberapa sikap orang introver yang kadang membuat orang lain salah paham.

Sikap Introver di Tempat Kerja yang Berpotensi Disalahartikan

1. Tidak memberi salam setiap pagi

Pekerjaan dan kehidupan personal perlu diseimbangkan. Ini merupakan salah satu alasan introver ketika tak memberi salam pada rekan kerjanya setiap pagi. Saat perlu menyimpan sejenak masalah personalnya, mereka membutuhkan banyak energi untuk bekerja seharian. Maka dengan membatasi atau membuat batasan, mereka bisa menyimpan energinya untuk hal-hal yang mereka anggap prioritas.

2. Tak tertarik dengan kehidupan personal rekan kerja

Introver dikenal suka melamun dengan batasan yang mereka ukur secara tepat. Dengan melamun, gelombang kehidupan sosialnya tidak mengganggu ketenangan. Banyak juga diantara introver yang lebih suka menghabiskan waktunya untuk membaca, menulis, atau melukis alih-alih membincangkan kehidupan personal bersama rekan kerjanya.

3. Menolak undangan di luar urusan kerja

Beberapa orang menilai bahwa penolakan undangan adalah hal yang ‘kasar’. Tetapi perlu dipahami jika penolakan dilakukan oleh introver. Mereka menolak undangan Anda, misalnya, karena introver menganggap waktu sendiri itu berharga. Umumnya, mereka perlu menyusun rencana jauh-jauh hari untuk mengiyakan atau menolak undangan.

4. Duduk menyendiri saat rapat

Untuk menjadi otentik, introver kerap memilih duduk sendiri termasuk ketika rapat. Jadi ini perlu dipahami sebagai strategi seseorang orang berkomunikasi dengan dirinya sendiri. Dengan cara ini, introver juga berkemungkinan melahirkan ide-ide brilian.

5. Memakai headphones sepanjang hari

Bagi Anda yang introver, mungkin memahami situasi yang melatarbelakangi sikap ini. Memakai headphones sepanjang hari tentu merupakan cara seseorang untuk membatasi diri dengan tidak membuka interaksi dengan orang-orang disekitarnya. Ini merupakan tanda introver sedang mengatakan ‘jangan ganggu aku sementara waktu’.

Kelima sikap di atas, kerap membuat introver dinilai tak etis atau menyebalkan. Tetapi perlu dipahami bahwa dengan cara tersebut mereka sedang mengatur suasana hati, pikiran, dan menjaga keseimbangan diri dengan interaksi sosial di tempat kerja.

Artikel ini telah tayang dengan judul Perlu Dimaklumi, 5 Sikap Orang Introvert di Tempat Kerja yang Kerap Dianggap Tak Etis.

selain sikap introver di tempat kerja, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.