Alasan Pentingnya Percaya Diri bagi Kehidupan
Ilustrasi alasan kenapa rasa percaya diri penting (Pexels/Los Muertos Crew)

分享:

ACEH - Para ahli mendefinisikan percaya diri sebagai cara bersikap terkait keterampilan dan kemampuan diri sendiri. Dilansir University of South Florida, percaya diri berarti menerima dan memercayai diri sendiri. Beberapa orang mungkin tak terlalu memperhatikan ini karena belum tau tentang alasan pentingnya percaya diri.

Rendahnya rasa percaya diri bisa membuat seseorang kerap ragu, pasif, dan sulit percaya kepada orang lain. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan rasa percaya diri rendah, misalnya hidup di lingkungan yang tidak mendukung atau terlalu kritis. Selain itu, bisa juga dipicu oleh kehilangan yang mendalam, penilaian terhadap diri sendiri yang terlalu keras, dan takut gagal.

Rasa percaya diri penting dalam seluruh aspek kehidupan. Termasuk penting untuk menjaga mental sehat. Dikutip VOI dari Psychology Today, psikolog klinis Barbara Markway, Ph.D. mengungkap alasan mengapa percaya diri itu penting.

Alasan Pentingnya Percaya Diri bagi Kehidupan 

1. Mengurangi kecemasan

Cemas karena melakukan hal baru atau takut menghadapi tantangan juga berkaitan dengan rasa percaya diri. Jika seseorang telah memiliki rasa percaya diri, orang tersebut bisa menghalau pikiran yang menyabotase diri. 

2. Motivasi diri lebih besar

Alasan mengapa percaya diri itu penting, karena bisa memotivasi diri sendiri. Langkah-langkah kecil bisa diambil ketika Anda termotivasi untuk mengejar pencapaian. Hal ini bisa berhubungan dengan kesuksesan karier, penguasaan keterampilan sehari-hari, dan pencapaian-pencapaian yang lain. 

3. Ketahanan diri

Yakin pada diri sendiri merupakan keterampilan yang berefek pada penemuan metode menangani kemunduran dan kegagalan. Percaya bahwa kita pernah melakukan kegagalan juga bagian dari percaya pada diri sendiri untuk mampu memperbaikinya.

Anda tak perlu menyalahkan diri sendiri ketika gagal. Justru Anda perlu dorongan untuk mencoba hal baru dan memahami bahwa kegagalan mengarah pada pertumbuhan. Kesehatan mental pun akan lebih terjaga.

4. Meningkatkan relasi baik

Sebenarnya, menurut Markway, orang-orang kerap terbunkgus pada kekhawatiran mereka sendiri. Semakin Anda jauh dari pikiran yang membatasi, semakin Anda tidak khawatir untuk melakukan banyak hal demi meraih pencapaian.

5. Menumbuhkan empati

Saat Anda benar-benar hadir, akan tahu bahwa orang terdekat Anda merasa sedih, senang, ataupun butuh bantuan. Namun ketika Anda disibukkan dengan keraguan diri, maka uluran tangan untuk membantu orang lain akan tertunda atau bahkan tak terpikirkan sama sekali.

Pesan Markway, kepercayaan diri cukup mengakar. Dengan percaya pada diri sendiri, Anda bisa menerima kelemahan dan menggubah kekuatan yang bermanfaat sebagai amunisi sepanjang kehidupan.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Alasan Mengapa Rasa Percaya Diri Penting, Termasuk Menjaga Mental Sehat Lho.

Selain alasan pentingnya percaya diri, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.