Vaksinasi COVID-19 Indonesia Masih Butuh 416 Juta Suntikan untuk Capai Target
Reisa Broto Asmoro (FOTO VIA ANTARA)

分享:

ACEH - Reisa Broto Asmoro, juru bicara Pemerintah untuk COVID-19, mengungkapkan bahwa program vaksinasi COVID-19 di Indonesia menyisakan sekitar 416 juta suntikan untuk mencapai target.

"Perjalanan menuju 100 persen capaian masih panjang. Untuk memvaksinasi 208.265.720 orang yang masuk dalam kategori sasaran vaksinasi COVID-19 diperlukan setidaknya sekitar 416 juta suntikan," terang Reisa, Jumat, 5 November, dikutip dari Antara.

Sisa suntikan tersebut, lanjut Reisa, juga dihitung berdasarkan dosis tunggal vaksin Janssen dan suntikan booster untuk tenaga kesehatan (nakes).

Capaian Vaksinasi COVID-19 Indonesia

Ia menjelaskan, Indonesia telah menyuntikkan lebih dari 200 juta dosis vaksin COVID-19 kepada rakyat Indonesia tepat 297 hari setelah suntikan vaksin pertama di Indonesia diberikan kepada Presiden Joko Widodo pada 13 Januari 2021.

Hal tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu dari lima negara di dunia dengan jumlah suntikan tertinggi bersama India, Amerika Serikat, Brazil, dan Jepang.

“Sebagai Ketua G20, kita berkontribusi terhadap pencapaian dunia memvaksinasi hampir setengah penduduknya dengan minimal satu dosis, atau sama dengan menyuntikkan 7 miliar dosis ke seluruh warga planet bumi," katanya.

Menurut data Kemenkes, tambah Reisa, program vaksinasi COVID-19 telah mencapai sekitar 40 persen untuk kategori dosis lengkap, dan 60 persen untuk dosis pertama.

“Tekad WHO adalah memvaksinasi minimal satu dosis, sekurang-kurangnya 40 persen warga di setiap negara di dunia di akhir tahun ini dan 70 persen di tahun depan," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul 416 Juta Suntikan Lagi Indonesia Capai Target Vaksinasi.

Selain vaksinasi COVID-19, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!