Cara Menghapus Foto di Google Maps, Mudah dan <i>Gak Ribet</i>
Cara menghapus foto di Google Maps (Blogspot)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Google Street View kerap menampilkan foto-foto tempat di aplikasi mereka, yang diambil dari unggahan masyarakat di internet. Hal itu pun membuat beberapa orang keberatan karena dianggap melanggar privasi, terutama jika foto yang ditampilkan menunjukkan rumah mereka.

Tampilan foto yang ada di Google Street View pada mulanya bertujuan untuk mempermudah pengguna menemukan lokasi yang dicari. Namun, hal tersebut sudah sering diprotes oleh masyarakat di seluruh dunia karena dianggap tidak memiliki izin untuk menampilkan gambar.

Kendati demikian, sebenarnya pengguna dapat menghapus foto-foto yang ditampilkan oleh fitur Google Street View dengan cara yang dapat Anda temukan di dalam artikel ini.

Oleh karenanya, jika Anda termasuk orang yang dirugikan karena gambar rumah atau jalan di sekitar tempat tinggal Anda ditampilkan di Google Street View, pengguna dapat menghapusnya melalui aplikasi Google Maps. Namun, jika foto tersebut bukan milik Anda, pengguna hanya dapat memburamkan bagian rumah tanpa bisa menghapusnya secara permanen.

Namun, jika foto tersebut merupakan gambar yang Anda ambil dan unggah ke internet, pengguna dapat menghapusnya secara permanen dengan langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI berikut ini.

Cara Menghapus Foto di Google Maps

Untuk menghapus foto yang dianggap melanggar privasi Anda, pengguna dapat membuka aplikasi Google Maps, dan masukkan alamat rumah Anda atau tempat lain yang merupakan milik Anda dan menjadi lokasi objek dari foto yang ditampilkan oleh Google Street View.

Selanjutnya, klik ikon "Kontribusi" di halaman Google Maps, dan masuk ke halaman "Profil" Anda. Klik menu "Foto" dan pilih foto yang ingin dihapus dari Google Street View.

Sebagai catatan, dengan menghapus foto Anda yang muncul di Google Street View, foto tersebut juga akan hilang dari mesin pencarian Google serta unggahan lain di internet.

Namun, foto tersebut tetap dapat diakses melalui Google Drive, apabila mengaktifkan sinkronisasi dan juga tersedia di Google Foto, jika Anda mengaktifkan fitur pencadangan dan sinkronisasi di layanan tersebut.

Selain menghapus melalui aplikasi Google Maps, Anda juga dapat menghapus foto secara langsung di aplikasi Street View, dengan cara yang hampir sama.

Demikianlah cara yang dapat digunakan untuk menghapus foto yang ditampilkan oleh Google Street View, tetapi dianggap melanggar privasi Anda.

Pengguna dapat melakukan langkah-langkah di atas untuk menghapus foto yang dianggap melanggar privasi, alih-alih mempermasalahkannya di media sosial.