Cara Berbelanja di TikTok Shop Gampang Banget <i>Gak</i> Perlu Aplikasi Tambahan
Cara Berbelanja di TikTok Shop (kr-asia)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Platform media sosial Tiktok, saat ini memiliki fitur baru yaitu TikTok Shop. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk melakukan jual beli barang secara online di aplikasi TikTok.

Untuk berjualan di TikTok Shop, pengguna media sosial tersebut harus mendaftarkan terlebih dahulu akun TikToknya sebagai salah satu seller. Sedangkan untuk calon pembeli hanya perlu mencari barang yang diinginkan di TikTok menggunakan aplikasi dan akun yang sudah dimiliki.

Jika Anda tertarik berbelanja di Tiktok Shop, tetapi masih bingung cara melakukannya, tim VOI telah membuat tutorial berbelanja di TikTok Shop yang terdapat dalam artikel di bawah ini.

Cara Belanja di TikTok Shop

  1. Buka aplikasi TikTok melalui smartphone Anda, dan login ke akun TikTok Anda.
  2. Kunjungi akun toko resmi dari produk yang ingin Anda beli.
  3. Setelah menemukan toko yang diinginkan, klik ikon "Shop" yang berupa gambar tas yang muncul di halaman utama "Profil" Anda.
  4. Ketika Anda mengklik ikon tersebut, Anda akan menjumpai etalase produk dari toko yang bersangkutan. Anda cukup memilih barang apa yang ingin Anda beli dengan cara scroll layar ke bawah.
  5. Jika sudah menentukkan barang yang ingin dibeli, klik tombol "Buy Now" yang ada di pojok kanan bawah.
  6. Pada halaman "Order Summary", isi alamat lengkap Anda berikut order barang yang Anda kehendaki, seperti jumlah item, warna. Anda dapat memberi catatan mengenai barang yang diinginkan (opsional), serta memilih metode pembayaran.
  7. Ada tujuh pilihan pembayaran yang tersedia di TikTok Shop yang bisa Anda pilih yaitu menggunakan Ovo, GoPay, Transfer Bank, Dana, Credit Card, Pembayaran melalui Indomaret, dan Alfamart.

Setelah melalui semua tahapan, ikuti petunjuk selanjutnya hingga transaksi pembayaran selesai. Anda tinggal menunggu barang yang Anda beli dikirim ke alamat yang Anda tulis.

Selain berbelanja langsung ke toko online yang tersedia di TikTik Shop, Anda juga dapat melihat barang-barang yang dijual secara langsung saat sesi live streaming.

Cara belanja di TikTok Shop saat Live Streaming

Biasanya, para kreator ataupun toko online memanfaatkan fitur Live Streaming di TikTok sebagai ajang promosi barang sekaligus menjual produk mereka. Untuk membeli produk pada saat live streaming berlangsung Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut.

  1. Buka salah satu siaran live streaming yang Anda kehendaki.
  2. Produk yang dijual saat Live Streaming biasanya ditampilkan melalui jendela kecil yang ada di pojok kanan bawah halaman TikTok Anda.
  3. Jika Anda menemukan produk yang disukai saat menonton live streaming Anda dapat langsung mengklik tombol "Buy" untuk melakukan pembelian, kemudian pilih "Buy Now".
  4. Seperti melakukan pembelian ke toko online TikTok, langkah selanjutnya saat membeli barang melalui live streaming adalah mengisi alamat lengkap Anda berikut order barang yang dikehendaki.
  5. Setelah melalui semua tahapan pembelian dan pembayaran, Anda tinggal menunggu barang yang Anda pesan di antar ke alamat yang Anda tulis.

Itu tadi cara berbelanja barang di TikTok Shop yang bisa dicoba oleh pengguna TikTok. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu login menggunakan akun TikTok dan mencari barang yang diinginkan atau menonton live streaming terlebih dahulu.